Monday, May 27, 2019

Mengenal Jenis Minuman Keras Yang Sering Di Konsumsi Beserta Bahayanya

Mengenal Jenis Minuman Keras Yang Sering Di Konsumsi Beserta Bahayanya


Minuman keras atau minuman beralkohol memiliki banyak sekali merk dan jenisnya. Mulai dari minuman yang memiliki kadar alkohol rendah sampai yang memiliki kadar alkohol dengan jumlah tinggi. Mulai dari alkohol yang dibuat secara tradisional sampai alkohol bermerk yang dibuat di pabrik. Walaupun memiliki beragam merek, alkohol tetaplah alkohol. Jika masuk kedalam tubuh, dapat membahayakan kesehatan dan merusak organ tubuh manusia.

Berikut ini merupakan beberapa jenis minuman beralkohol yang paling sering dikonsumsi, yaitu :

Beer

Beer adalah minumanberalkohol yang terbuat dari hasil fermentasi biji - bijian seperti barley, sorlum, gandum, beras, jagung, dan sebagainya. Beer dibuat dengan melalui proses fermentasi yang disebut brewing dan kadar alkohol yang terkandung dalam beer setelah jadi adalah 4% hingga 6%. Beer juga memiliki banyak varian dan namanya disesuaikan dengan Negara asalnya. Tetapi hal ini tidak berlaku untuk bir pletok. Bir pletok bukanlah minuman beralkohol, melainkan minuman kesehatan yang mirip seperti beer pada umumnya, hanya saja terbuat dari berbagai tumbuhan herbal dan tidak mengandung alkohol sama sekali.

Wine

Wine adalah salah satu jenis minuman beralkohol lainnya yang sering dikonsumsi ketika berpesta. Wine sendiri merupakan symbol kemewahan. Wine terbuat dari buah anggur yang dihancurkan kemudian difermentasikan dengan menggunakan bantuan ragi. Proses fermentasi anggur bisa berlangsung selama beebrapa minggu hingga berbulan - bulan. Kandungan alkohol dalam wine sekitar 8% hingga 14%.

Vodka

Vodka adalah salah satu jenis minuman beralkohol yang paling terkenal. Vodka sebenarnya telah lama terkenal dan telah diproduksi sejak abad pertengahan khususnya dinegara - Negara eropa seperti perancis dan polandia. Vodka terdiri dari air dan alkohol dan dibuat dari hail fermentasi kentang atau serealia.

Cider

Hampir sama dengan wine, cider yang juga dikenal dengan apple wine adalah suatu jenis minuman beralkohol yang terbuat dari buah apel yang difermentasikan. Buah apel dihancurkan, kemudian diambil jus atau sarinya baru kemudian difermentasikan dengan menggunakan ragi. Cider memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi yaitu sekitar 13%.

Whiskey

Whiskey juga merupakan salah satu jenis minuman keras hasil penyulingan yang banyak dikenal dan dikonsumsi masyarakat. Minuman whiskey juga terbuat dari hasil fermentasi biji - bijian yang kemudian disuling dan dikemas. Uniknya, hasil fermentasi whiskey dibuat dan disimpan dalam sebuah gentong atau pohon kayu yang terbuat dari pohon oak putih. Whiskey memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi, yaitu sekitar 40%.

Hukum di Negara Indonesia mengatur tentang penggunaan dan peredaran minuman keras atau minuman beralkohol, yaitu pada UU no 29 tahun 1947. Hal ini berarti bahwa minuman keras di Indonesia tidak boleh dikonsumsi secara bebas oleh semua orang dan tidak dapat diperjual belikan secara bebas. Hal ini tentunya untuk mengimbangi status Indonesia sebagai Negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, yang mana minuman beralkohol di hukumi haram dalam hukum islam.

Ada banyak bahaya yang mengintai jika anda berani mencoba atau mengonsumsi minuman keras, yaitu :

·         Berisiko terkena penyakit kanker.
·         Berisiko lebih tinggi mengalami anemia.
·         Penyakit kardiovaskular.
·         Lebih cepat mengalami demensia dan penyusutan otak.

·         Berisiko mengalami sirosis hati.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search