Monday, May 27, 2019

Pikir Seribu Kali Jika Ingin Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Pikir Seribu Kali Jika Ingin Mengonsumsi Minuman Beralkohol


Minuman keras atau minuman beralkohol saat ini sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat Indonesia. Baik minuman beralkohol yang bermerek maupun minuman beralkohol yang diolah secara tradisional. Banyak orang yang mengonsumsi minuman beralkohol dengan berbagai tujuan, seperti menghangatkan tubuh, menghilangkan stress, agar diakui oleh kelompok masyarakat tertentu, dan  sebagainya. Dibalik populernya minuman keras atau minuman beralkohol, ada banyak bahaya yang mengintai jika anda mengkonsumsi minuman beralkohol. Berikut ini akan dibahas mengenai berbagai bahaya yang ditimbulkan jika anda mengonsumsi minuman beralkohol.

Minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung etanol. Etanol merupakan bahan psikoaktif, dan dengan mengonsumsi etanol, seseorang dapat mengalami penurunan kesadaran. Bila dikonsumsi berlebihan, minuman beralkohol dapat menimbulkan efek samping yaitu gangguan mental organic (GMO). Gangguan mental organic merupakan beberapa jenis gangguan mental yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi minuman beralkohol, seperti gangguan dalam fungsi berpikir, merasakan, dan berperilaku.

Mereka yang terkena gangguan mental organic biasanya mengalami perubahan perilaku, seperti ingin berkelahi atau melakukan tindak kekerasan lainnya, tidak mampu menilai realitas, terganggu fungsi sosialnya, dan terganggu pekerjaannya. Perubahan fisiologis juga terjadi, seperti cara berjalan yang sempoyongan, muka merah, atau mata juling. Perubahan psikologis pun dapat terjadi jika anda mengkonsumsi minuman beralkohol, seperti mudah tersinggung, bicara ngawur, atau kehilangan konsentrasi.

Dalam porsi sewajarnya, minuman beralkohol mungkin memiliki manfaat bagi tubuh. Tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan, minuman ini justru akan merusak organ - organ tubuh manusia dan menyebabkan berbagai kerugian. 

Berikut ini merupakan beberapa kerugian yang diakibatkan dari mengkonsumsi minuman beralkohol, yaitu :

1. Peradangan pankreas

Terlalu banyak alkohol yang terkandung didalam tubuh dapat membuat organ pankreas mengalami penumpukan enzim. Penumpukan enzim berlebih didalam pankreas inilah yang dapat menyebabkan peradangan pada pankreas yang disebut dengan pancreatitis. Pankreatitis akut biasanya ditandai dengan berbagai gejala seperti sakit perut, mual, muntah, detak jantung meningkat, diare, dan demam. Jika kebiasaan mengkonsumsi alkohol ini dibiarkan, bukan tidak mungkin bahwa nyawa anda menjadi taruhannya.

2. Kerusakan jantung

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat melemahkan otot jantung. Akibat dari melemahnya otot jantung tersebut adalah aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu. Alkohol dapat menyebabkan kardiomiopati yang ditandai dengan sesak napas, detak jantung tidak teratur, kelelahan, dan batuk secara terus menerus. Alkohol juga dapat meningkat risiko seseorang terkena penyakit serangan jantung, stroke, dan hipertensi.

3. Merusak otak

Alkohol dapat menyebabkan kerusakan otak dengan memperlambat penyaluran informasi antar saraf. Selain itu, kandungan etanol dalam minuman beralkohol juga dapat menyebabkan kerusakan spesifik pada beberapa area otak. Seseorang yang mengalami kerusakan otak akibat megkonsumsi minuman beralkohol, akan mengalami beberapa hal berikut, seperti perubahan periilaku dan suasana hati, kecemasan, hilang ingatan, hingga kejang. Bahkan, orang yang telah ketergantungan terhadap alkohol, dapat mengalami berbagai komplikasi masalah otak, seperti halusinasi.

4. Kerusakan hati


Hati berfungsi untuk menyaring racun dan limbah metabolisme yang tidak berguna didalam tubuh. Salah satu efek buruk dari mngkonsumsi minuman beralkohol adalah dapat melemahkan fungsi kerja organ hati. Akibatnya, organ hati tidak dapat bekerja secara optimal sehingga hati menjadi rusak, dan racun - racun berbahaya tetap mengendap didalam tubuh.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search