Monday, May 27, 2019

Cara Mengatasi Kecanduan Minuman Beralkohol

Cara Mengatasi Kecanduan Minuman Beralkohol


“Aku mengambil keputusan untuk berhenti mengonsumsi minuman keras. Aku terjaga hampir semalam suntuk pada malam itu, dan pada keesokan harinya, seluruh tulang - belulang badanku sakit. Dalam kepanikan yang membuta dan gugup aku mengisi segelas penuh dengan gin, dengan tanganku yang gemetar luar biasa, hingga isi botol tumpah setengahnya. Setelah aku meminumnya, aku merasa penderitaanku seolah - olah berkurang. Akhirnya aku mengetahui kebenaran yang mengerikan. Aku ketagihan dan aku tidak bisa berhenti.” -Faye.

Selain narkotika, alkohol adalah zat berbahaya yang mampu memberikan efek candu bagi penggunanya. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan alkoholisme. Alkoholisme adalah kondisi dimana seseorang gemar mongonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan. Anda bisa disebut sebagai seorang pecandu alkohol apabila anda mengkonsumsi alkohol setiap hari sebanyak 4 - 5 gelas per 2 - 3 jam sekali, dan merasa ada yang kurang jika belum minum minuman beralkohol tersebut.

Orang yang mengalami kecanduan alkohol memiliki beberapa ciri, diantaranya adalah :

1. Suka minum alkohol secara diam - diam

Salah satu tanda pertama yang dapat dideteksi jika seseorang mengalami kecanduan alkohol adalah kecenderungan si pengonsumsi alkohol untuk mengonsumsinya seorang diri dan secara diam - diam. Anda merasa bahwa alkohol merupakan solusi untuk mengatasi berbagai masalah hidup yang anda hadapi.

2. Konsumsi alkohol lebih dari 3 kali sehari

Anda dapat dikatakan mengidap alkoholisme apabila dalam sehari anda mengonsumsi alkohol lebih dari 3 kali. Jika anda mengonsumsi alkohol kurang dari itu, maka anda akan merasa sakau yang ditandai dengan gejala - gejala seperti berikut, yaitu kejang, mual, dan muntah - muntah.

3. Tubuh tidak berstamina

Seperti orang yang mengalami kecanduan narkoba, tanda orang yang mengalami kecanduan alkohol juga termasuk rasa lelah yang sangat hebat jika belum mengonsumsi alkohol. Tubu yang lelah dan kurang berstamina tentunya akan sangat mengganggu aktivitas anda sehari - hari.

4. Nafsu makan berkurang

Ketika seseorang telah mengalami kecanduan alkohol, nafsu makan orang tersebut pun akan mengalami penurunan. Alih - alih ingin makan, justru yang sangat diinginkan oleh pecandu alkohol untuk mengilangkan rasa laparnya adalah dengan cara mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak.

5. Emosi tidak terkontrol

Jika anda mengalami kecanduan alkohol, seketika anda beubah menjadi orang yang sangat temperamental. Anda akan dengan mudah melampiaskan kemarahan bahkan untuk hal - hal yang seharusnya tidak menimbulkan emosi.

Untuk menghilangkan efek kecanduan alkohol, ada beberapa cara yang dapat anda coba. Walaupun sulit, anda harus mengatasi kesulitan tersebut dan bulatkan tekad dalam hati anda bahwa anda ingin menghilangkan kecanduan alkohol apapun resikonya dan apapun yang terjadi. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan kecanduan alkohol, yaitu :

6. Minum air putih lebih banyak

Untuk membersihkan racun alkohol, seseorang harus menambah konsumsi air putih sebanyak 2 - 3 liter per hari karena sel - sel dalam tubuh membutuhkan asupan cairan agar dapat befungsi dengan baik. Air putih juga dapat mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh dengan cara membuang zat - zat yang tidak berguna dan racun - racun yang menumpuk dalam tubuh melalui urine.

7. Mengonsumsi sayuran dan buah segar

Jus buah bit diyakini memiliki khasiat untuk membersihkan hati, sementara jus wortel berkhasiat untuk meningkatkan system kekebalan tubuh. Untuk mendukung proses detoksifikasi, kombinasikan jus buah bit, wortel, dan apel karena mampu memurnikan tubuh dari zat - zat yang dapat mengotori tubuh.

8. Melakukan olahraga


Proses detoksifikasi dapat memicu depresi. Untuk mengatasi hal ini, anda dapat melakukan olahraga seperti yoga atau olahraga lainnya secara teratur. Karena banyak potassium yang dikeluarkan bersama keringat, imbangi dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran seperti pisang, melon, tomat, jeruk dan sayuran hijau.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search