Wednesday, May 1, 2019

Mengenal Kondisi Lidah Geografik

Mengenal Kondisi Lidah Geografik


Apakah anda mengenal atau mengetahui penyakit yang bernama lidah geografik ? Lidah geografik adalah kondisi yang menyebabkan munculnya area yang tidak teratur, halus, dan berwarna merah pada lidah yang berbentuk seperti peta. Lidah geografik muncul pada bagian atas dan samping lidah, dan kadang dibawah permukaan. Biasanya ada garis - garis berombak putih disebelah area. Anda dapat menyadarinya dalam beberapa minggu atau beberapa bulan bahwa posisi garis - garis dan area merah akan berubah.

Hal ini terjadi karena permukaan yang lama pada lidah mengalami pergantian dengan sendirinya. Lapisan atas kulit lidah tidak muncul dengan rata. Beberapa bagian kulit muncul terlalu awal dan emninggalkan area berwarna merah dan terasa sakit seperti goresan pada kulit. Pada bagian lain kulit berada terlalu lama dan berwarna putih. Akibat tipisnya area yang berwarna merah, Kadang lidah dapat terinfeksi candida. Infeksi candida sangat umum terjadi pada mulut.

Faktor yang terkait dengan meningkatnya risiko meliputi :
  • Riwayat keluarga. Beberapa orang dengan lidah geografik memiliki sejarah keluarga terhadap penyakit ini, Faktor turunan atau genetic juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi ini.
  • Lidah pecah - pecah. Orang dengan lidah geografik seringkali mengalami kelainan lain yang disebut lidah pecah - pecah, tampak retakan pada alur atau permukaan lidah.

Tanda - tanda dan gejala dari lidah geografik dapat meliputi :
  • Area yang halus, merah, dan berbentuk tidak teratur pada atas atau samping lidah anda.
  • Perubahan lokasi, ukuran, dan bentuk luka yang sering.
  • Rasa tidak nyaman, nyeri atau sensasi terbakar, seringkali terkait dengan makanan panas, pedas, asin, atau asam.

Lidah geografik umumnya tidak meemrlukan perawatan medis. Walau lidah geografik kadang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, kondisi ini juga tidak berbahaya. Lidah geografik tidak akan berubah menjadi kanker, namun anda perlu untuk belajar mengatasinya. Anda perlu mencari tahu makanan apa yang dapat memperburuk kondisi, serta menghindarinya.


Anda dapat mengurangi rasa tidak nyaman yang terkait dengan lidah geografik dengan menghindari atau membatasi zat yang umumnya memperparah sensitivitas jaringan mulut, seperti :
  • Makanan panas, pedas, asam, atau asin.
  • Produk tembakau.
  • Pasta gigi yang mengandung zat adiktif, perasa, atau pemutih yang berlebih.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search