Monday, April 22, 2019

Mengenal Kelainan Kembar Siam

Mengenal Kelainan Kembar Siam


Kembar siam adalah istilah untuk menggambarkan sepasang kembar yang kulit dan organ dalamnnya tergabung satu sama lain. Skitar 40 - 60% kembar siam mati saat lahir dan sekitar 35% bertahan hidup selama 1 hari setelah lahir. Hanya 5 sampai 25% kembar siam yang bertahan hidup sampai mereka tumbuh besar. Ada beragam jenis kembar siam. Jenis paling umum dari kembar siam adalah thoracopagus, yaitu kembar siam yang terhubung pada bagian atas badan.

Terkadang, mereka berbagi jantung jika mereka terhubung sangat dekat. Jenis umum kembar siam lainnya adalah kembar omphalopagus. Kembar ini terhubung dari tulang dada sampai pinggang. Mereka mungkin berbagi hati, fungsi pencernaan, alat kelamin, tetapi jarang yang berbagi jantung. Jenis kembar siam yang langka adalah kembar craniopagus, dimana kembar tergabung pada tengkorak atau kepala.

Kembar siam terlahir dengan bagian tubuh tertentu yang terhubung. Tergantung jenis kembar siam, bagian yang yang terhubung berbeda, yaitu :
  • Kembar thoracopagus : Bagian atas badan terhubung.
  • Kembar omphalopagus : Kulit dari tulang dada sampai pinggang terhubung.
  • Kembar craniopagus : Tempurung kepala terhubung.
  • Kembar pygopagus : Punggung bawah dan area pantat terhubung.


Tidak semua kasus kembar siam dapat diselesaikan dengan operasi pemisahan. Bayi kembar siam sangat membutuhkan perawatan dari keluarga dan penyedia layanan kesehatan. Jika anda atau kerabat anda memiliki kembar siam, anda harus dilatih oleh perawat, ahli gizi, spesialis hidup anak, pekerja social, dan sebagainya. Hal ini dapat membantu anda menemukan solusi terbaik dalam merawat bayi kembar siam.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search