Monday, April 22, 2019

Tips Memulihkan Kondisi Tubuh Setelah Begadang

Tips Memulihkan Kondisi Tubuh Setelah Begadang


Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Begadang boleh saja, kalau ada perlunya. Itulah sebagian lirik lagu karya penyanyi legendaris Indonesia, Rhoma Irama. Begadang merupakan sebuah perilaku dimana seseorang tidak tidur semalaman sampai keesokan harinya. Terdapat berbagai macam alasan mengapa beberapa orang sangat suka begadang, mulai dari menonton pertandingan bola di tv pada dini hari, mengerjakan tugas kampus, sampai bekerja secara penuh dalam menyelenggarakan pemilu beberapa waktu lalu. Banyak anggota penyelenggara pemilu dan petugas keamanan yang gugur karena begadang lebih dari 24 jam. Kebanyakan meninggal karena terserang angin duduk, serangan jantung, maupun kecelakaan akibat kelelahan.

Secara umum, begadang dapat menyebabkan berbagai kondisi medis berbahaya yang dapat mengancam kesehatan bahkan dapat merenggut nyawa manusia. Dalam sebuah penelitian yang belum lama ini dilakukan di korea selatan, mengatakan bahwa seseorang yang sering begadang pada malam hari lebih berisiko terkena penyakit gula darah tinggi, dibandingkan dengan orang yang tidak begadang. Penelitian yang dipublikasikan di journal of clinical endocrinology and metabolism, menemukan bahwa orang yang begadang memiliki kualitas tidur yang rendah dan berbagai kebiasaan yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, duduk terus menerus, dan makan larut di malam hari, sehingga mereka memiliki kadar lemak dalam darah yang cukup tinggi.

Orang yang begadang berisiko 1,7 kali lebih mudah terkena diabetes tipe 2 dan sindrom metabolic, yang merupakan sejumlah gejala termasuk tekanan darah tinggi, kadar gula dalam darah tinggi, dan terlalu banyak lemak perut serta kadar kolesterol dalam tubuh yang abnormal. Disamping itu, orang yang begadang 3,2 kali lebih berisiko terkena lemah otot dibandingkan dengan orang yang tidak begadang. Satu - satu penangkal untuk kondisi kurang tidur adalah tidur.

Apabila anda terpaksa begadang karena sesuatu, beberapa tips berikut ini dapat membantu anda memulihkan kondisi tubuh setelah begadang, yaitu :

1. Tidur sebentar setelah begadang

Tidur merupakan obat mujarab setelah begadang semalaman, karena walau bagaimanapun otak manusia juga memerlukan istirahat. Tidur dapat membuat otak meregenerasi sel - selnya yang telah rusak akibat begadang, sehingga membuat fikiran menjadi lebih fresh ketika bangun tidur.

2. Minum kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya

Kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya akan meningkatkan ketajaman anda. Kebanyakan orang memerlukan sekitar 100 - 200 mg kafein, berdasarkan berat tubuhnya. Butuh waktu sekitar 15 - 30 menit untuk anda merasakan efek kafeinnya dan manfaat tersebut akan bekerja selama 3 - 4 jam.

3. Berdiam di tempat yang penuh cahaya

Tubuh anda akan bekerja berdasarkan siklus gelap dan terang, Jadi cahaya terang akan memengaruhi tingkat kewaspadaan anda sehari - hari, termasuk begadang. Namun, kebanyakan orang akan mematikan lampu setelah begadang untuk tidur, padahal sebaiknya lampu tetap dinyalakan agar system kewaspadaan tubuh tetap bekerja meskipun anda tertidur.

4. Ketahui batasannya


Anda bisa mencoba untuk mencuci muka dengan air dingin atau membuka jendela atau membuat kamar anda menjadi lebih dingin. Anda akan merasa lebih baik setelah mandi dan berpakaian dengan rapi. Tetapi tidak ada cara untuk membohongi tubuh dan fikiran anda. Anda tetap membutuhkan tidur normal. Labih baik tidur sampai anda bangun dengan sendirinya. Artinya, anda bisa tidur selama 9 - 10 jam, yang menjadi pemulihan sebenarnya dari waktu begadang anda.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search