Monday, April 22, 2019

Mengenal Kondisi Keracunan Matahari Dan Cara Mengatasinya

Mengenal Kondisi Keracunan Matahari Dan Cara Mengatasinya


Keracunan matahari juga dikenal sebagai fotodermatitis, yaitu suatu kondisi rasa gatal, bersisik, kemerahan kulit yang melepuh ketika terpapar sinar matahari dan radiasi sinar ultraviolet A atau B yang berlebihan. Kondisi ini memakan waktu beberapa hari atau lebih lama untuk mereda. Paparan sinar matahari secara intensif dan berulang sehingga mengakibatkan kulit terbakar dan meningkatkan risiko kerusakan kulit lainnya dan penyakit kulit tertentu. Kondisi ini termasuk kulit kering dan berkerut, bintik hitam, bintik - bintik kasar, dan kanker kulit seperti melanoma.

Keracunan matahari merupakan sebuah kondisi alergi, sehingga semua orang dapat mengalaminya. Gejala yang muncul dari keracunan matahari termasuk kondisi kulit yang merah dan kering. Kondisi ini juga memiliki lecet dan ruam yang bergelombang, serta ruam mungkin terasa sakit atau gatal. Efek jangka panjang dari keracunan matahari adalah penebalan kulit dan adanya bekas luka serta peningkatan risiko kanker kulit. Kepekaan terhadap paparan sinar matahari dapat menurun dalam keluarga. Serngkali, penyebabnya karena bahan kimia atau obat - obatan, kosmetik, dan makanan. Penyakit tertentu seperti lupus dan eksim juga bisa membuat kulit sensitive terhadap cahaya.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko anda mengalami keracunan matahari, yaitu :
  • Riwayat demam rematik.
  • Infeksi strep yang tidak diobati.
  • Seseorang dalam keluarga memiliki penyakit ini.

Pengobatan tergantung dari jenis alergi matahari yang anda alami. Untuk kasus ringan, anda hanya perlu menghindari sinar matahari selama beberapa hari sampai gejala hilang dengan sendirinya. 

Berikut ini merupakan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda mengatasi keracunan matahari, yaitu :
  • Gunakan hanya obat yang diresepkan oleh dokter. Hindari paparan sinar ultraviolet sebanyak mungkin saat mengambil obat - obatan seperti antibiotic tetra cycline, obat sulfa dan diuretic thiazide. Obat ini menyebabkan sensitivitas yang lebih besar terhadap cahaya.
  • Gunakan tabir surya, topi dan baju lengan panjang untuk meminimalkan efek dari paapran yang tidak dapat dihindari.
  • Hindari lotion kulit berbasis buah dan kosmetik, karena mereka mungkin mengandung sensitizer juga.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search