Wednesday, May 1, 2019

Mengenal Penyakit Kraniofaringioma

Mengenal Penyakit Kraniofaringioma


Penyakit ini mungkin masih terdengar asing di telinga anda. Kraniofaringioma adalah tumor yang berkembang didekat kelenjar pituitary dibagian dasar tengkorak. Sebanyak 2 - 4 % kasus tumor otak diantaranya adalah jenis tumor ini. Pada banyak kasus, tumor tumbuh jinak dan lambat (bukan kanker). Kraniofaringioma adalah kondisi yang dapat terjadi pada semua usia, tetapi paling sering terjadi pada anak - anak yang berusia 5 - 10 tahun dan pada orang dewasa yang berusia 65 - 74 tahun.

Tumor biasanya tumbuh secara perlahan. Umumnya tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Gejala berkembang perlahan - lahan selama 1 sampai 2 tahun. Gejala yang timbul berkaitan dengan dimana tumor itu berada. Kebanyakan orang akan mengalami sakit kepala dan memiliki masalah dengan penglihatan. Masalah umum yaitu kehilangan penglihatan samping yang disebut hemianopsia bitemporal. 

Beberapa gejala lainnya yang dapat timbul diantaranya :
  • Perubahan mental
  • Sulit tidur
  • Mual dan muntah
  • Masalah keseimbangan.

Kraniofaringioma adalah penyakit yang penyebabnya belum diketahui secara pasti. Penyakit di diduga tumbuh dari sekelompok sel - sel khusus yang biasa ditemukan dibagian otak yang disebut daerah suprasellar yang berada di sekitar kelenjar pituitary. Saat ini belum jelas faktor apa yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kraniofaringioma. Studi genetika masih berlangsung, namun para peneliti belum bisa membuat kesimpulan.

Metode pengobatan utama adalah operasi untuk mengangkat tumor. Operasi transsphe-noidal digunakan untuk tumor intraselular kecil. Kebanyakan orang memiliki kraniotomi subfrontal. Tujuannya adalah pengangkatan tumor total tetapi memastikan bahwa penglihatan dan struktur hipofisis tetap terjaga. Terapi radiasi biasa digunakan setelah operasi. MRI digunakan setelah operasi untuk mengetahui apakah seluruh tumor telah terangkat. Radioterapi eksternal digunakan untuk pengobatan tumor yang tersisa.

Berikut ini merupakan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda mengatasi penyakit kraniofaringioma, yaitu :
  • Selalu menjaga optimisme.
  • Ikuti instruksi dokter.
  • Kunjungi dokter atau ahli kesehatan atau spesialis saraf secara berkali.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search