Wednesday, May 1, 2019

Mengenal Penyakit Lichen Sclerosus

Mengenal Penyakit Lichen Sclerosus


Lichen sclerosus adalah penyakit kulit yang terdapat dikulit bagian alat kelamin dan anus. Biasanya terjadi pada vulva wanita, sedangkan apabila terjadi pada pria mungkin terjadi pada kulup penis. Kadang - kadang, lichen sclerosus dapat muncul pada bagian atas tubuh, seperti dada dan lengan. Lichen sclerosus adalah kondisi yang umum menjangkiti wanita. Namun, laki - laki dan anak - anak juga bisa terkena penyakit ini. Pada wanita, penyakit ini biasanya terjadi setelah masa menopause, dan pada pria yang berusia 40 sampai 60 tahun.

Penyakit lichen sclerosus adalah kondisi yang umumnya tidak memiliki tanda apapun pada alat kelamin penderitanya. Wanita dengan penyakit vulva sering memiliki sedikit kulit tambahan berwarna putih, gatal - gatal, dan halus. Kluit menjadi lebih tipis dari kondisi normalnya. Menggosok atau menggaruk dapat menyebabkan luka, gatal, pendarahan genital dan memar. Pasien bisa merasa panas atau sakit saat buang air kecil dan terutama selama seks.

Pada anak - anak, penyakit ini biasanya terjadi disekitar anus yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan kemudian menyebabkan sembelit. Kebanyakan pria yang mengeluhkan penyakit ini disebabkan karena orang tersebut tidak disunat. Kadang - kadang pasien merasa nyeri saat ereksi, dan terjadi penyempitan serta penyumbatan pada uretra.

Hubungi dokter jika anda mengalami gejala sebagai berikut :
  • Munculnya lesi baru pada tubuh, disekitar area kelamin.
  • Tidak dapat menarik kulup penis ke depan.
  • Nyeri saat berhubungan seks atau rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil.
  • Periksa dengan dokter anda secara berkala dari 6 sampai 12 bulan.

Penyebab liche sclerosus masih belum dapat diketahui, namun para ahli mengatakan bahwa penyakit ini dapat disebabkan Karen system kekebalan tubuh yang terlalu aktif atau karena memiliki masalah genetic. Kadang - kadang lichen sclerosus muncul pada kulit yang telah rusak atau terluka dari beebrapa cedera sebelumnya. Lichen sclerosus bukanlah kondisi yang menular.


Lichen sclerosus adalah kondisi yang harus segera ditangani. Jika tidak, penyakit ini dapat menyebabkan jaringan parut alat kelamin menyempit dan mengganggu saat buang air kecil atau berhubungan seks. Pada pria yang tidak disunat, pengobatan terbaik adalah dengan melakukan sunat untuk mengilangkan kulit yang terkena lichen sclerosus. Penyakit ini biasanya tidak kambuh setelah pengobatan .




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search