Saturday, June 1, 2019

Metformin : Obat Untuk Mengontrol Gula Darah

Metformin : Obat Untuk Mengontrol Gula Darah


Gula darah tinggi merupakan momok menakutkan bagi penderita diabetes. Karena jika seorang penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang tinggi, maka ia berpotensi dapat menderita diabetes yang lebih parah, bahkan beberapa anggota tubuhnya terancam diamputasi karena terkena penyakit gula. Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengontrol gula darah bagi para penderita diabetes adalah metformin. Metformin adalah obat yang digunakan untuk mengontrol gula darah yang tinggi. Obat ini biasanya digunakan oleh penderita diabetes tipe 2. Metformin bekerja dengan membantu mengembalikan respon tubuh yang tepat terhadap insulin yang diproduksi secara natural. Obat ini juga menurunkan jumlah gula yang diproduksi hati dan yang diserap perut/usus anda.

Metformin dapat digunakan bersamaan dengan program diet dan olahraga, untuk mencegah diabetes pada orang - orang yang berisiko tinggi mengidap diabetes. Dosis metformin disesuaikan dengan kondisi medis anda, fungsi ginjal, dan respon anda terhadap pengobatan. Dokter mungkin meminta anda untuk mengonsumsi obat ini dalam dosis rendah pada awalnya, namun lama kelamaan akan ditingkatkan dosisnya untuk menurunkan risiko efek samping seperti sakit perut. Konsumsilah obat ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan tempat yang lembap.

Dosis metformin untuk orang dewasa

Dosis metformin untuk orang dewasa pengidap diabetes tipe 2 :
Metformin sediaan konvensional
  • Dosis awal : 500 mg oral 2 kali sehari atau 850 mg oral sekali sehari. Dosis dapat dinaikkan setiap satu minggu sesuai toleransi.
  • Dosis maksimum : 3000 mg per hari.

Metformin modivied release
  • Dosis awal : 500 - 1000 mg oral sekali sehari. Dosis dapat dinaikkan per minggu sesuai toleransi.
  • Dosis maksimum : 2000 mg per hari.


Dosis metformin untuk anak - anak

Dosis metformin untuk anak - anak penderita diabetes tipe 2 :
  • Dosis awal : 500 mg oral 1 - 2 kali sehari. Dosis dapat dinaikkan tiap satu minggu sesuai toleransi.
  • Dosis maksimum : 2000 mg per hari, terbagi dalam 2 sampai 3 dosis.


Efek samping

Metformin dapat menimbulkan lactic acidosis (penumpukan asam laktik dalam tubuh, yang bisa berakibat fatal). Lactic acidosis dapat terjadi secara perlahan - lahan dan memburuk seiring dengan waktu. Carilah bantuan medis segera jika anda mengalami gejala lactic acidosis, seperti :
  • Nyeri otot atau merasa lemas.
  • Mati rasa atau perasaan dingin di tangan dan kaki.
  • Kesulitan bernapas.
  • Merasa pusing, kepala berputar, dan terasa lemah.
  • Sakit perut, mual, disertai muntah.
  • Detak jantung lambat dan tidak teratur.


Segera hubungi dokter jika anda mengalami kondisi gawat darurat. Tidak semua orang dapat mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan diatas. Bila anda memiliki kekhawatiran terhadap efek samping tertentu, konsultasikanlah kepada dokter dan apoteker anda.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search