Saturday, June 1, 2019

Oxymetazoline : Obat Untuk Melegakan Hidung Yang Tersumbat

Oxymetazoline : Obat Untuk Melegakan Hidung Yang Tersumbat


Hidung yang tersumbat merupakan sebuah masalah kesehatan yang cukup mengganggu. Jika kita mengalami hidung tersumbat, tentunya kita akan mengalami kesulitan bernafas lewat hidung dan tentunya akan membuat kita merasa tidak nyaman. Salah satu obat yang direkomendasikan untuk melegakan hidung yang tersumbat adalah oxymetazoline. Oxymetazoline adalah obat yang digunakan untuk melegakan hidung tersumbat yang disebabkan oleh berbagai kondisi tubuh termasuk flu biasa, sinusitis, demam, dan alergi. Obat ini bekerja dengan mempersempit pembuluh darah didaerah hidung, mengurangi pembengkakan, dan mengatasi hidung tersumbat.

Obat ini juga dapat digunakan untuk meredakan telinga tersumbat dan untuk mengurangi pembengkakan di hidung sebelum operasi atau prosedur tertentu. Gunakan obat ini pada hidung sesuai dengan petunjuk yang diarahkan. Hembuskan udara melalui hidung anda secara pelan sebelum menggunakan obat ini. Gunakan jari anda untuk menutup lubang hidung disisi yang tidak menerima obat. Sambil menjaga kepala anda tetap tegak, letakkan ujung semprotan kelubang hidung yang terbuka. Semprotkan obat kedalam lubang hidung yang terbuka saat anda bernapas melalui hidung anda. Hiruplah dengan keras beberapa kali untuk memastikan obat mencapai jauh kedalam hidung. Ulangi langkah ini untuk lubang hidung yang lain jika diperlukan.

Efek dari obat ini hanya bersifat sementara. Jangan digunakan terlalu sering, jangan menggunakan semprotan lebih banyak, atau menggunakan lebih lama dari yang diarahkan karena hal itu dapat meningkatkan risiko efek samping. Selain itu, jangan menggunakan obat ini lebih dari 3 hari karena dapat menyebabkan kondisi yang disebut rebound congestion. Gejala rebound congestion adalah kemerahan jangka panjang, pembengkakan dalam hidung, dan peningkatan pilek. Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari cahaya matahari langsung dan tempat yang lembap.

Dosis oxymetazoline untuk orang dewasa

Dewasa dan anak - anak yang berusia 6 tahun dan lebih tua : Gunakan 2 atau 3 tetes atau semprotkan larutan 0,05% didalam lubang hidung setiap sepuluh sampai dua belas jam. Jangan menggunakan lebih dari dua kali dalam 24 jam.

Dosis oxymetazoline untuk anak - anak

Untuk anak - anak yang berusia dibawah 6 tahun, penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter.

Efek samping


Rasa panas sementara, menyengat, kekeringan di hidung, pilek, dan bersin dapat terjadi. Jika salah satu dari efek - efek ini tidak membaik, beritahu dokter atau apoteker anda segera. Reaksi alergi yang sangat serius akibat obat ini jarang terjadi. Namun, carilah bantuan medis segera jika anda mengalami gejala - gejala reaksi alergi serius seperti ruam, gatal atau bengkak, pusing berat, dan kesulitan bernapas.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search