Thursday, June 13, 2019

Loratadine : Obat Untuk Mengatasi Berbagai Gejala Alergi

Loratadine : Obat Untuk Mengatasi Berbagai Gejala Alergi


Alergi merupakan kondisi ketika system kekebalan tubuh bereaksi terhadap suatu zat yang umumnya tidak berbahaya bagi tubuh. Zat yang dapat memicu terjadinya alergi disebut alergen. Beberapa alergen yang umum dikenal seperti serbuk sari, jamur, bulu binatang, makanan tertentu, serta berbagai hal yang dapat mengiritasi kulit anda. Salah satu gejala atau reaksi alergi yang umum adalah gatal - gatal, bersin - bersin, mata gatal dan berair, hidung berair, serta timbulnya ruam merah pada kulit. Salah satu obat yang direkomendasikan untuk mengobati reaksi alergi ringan adalah loratadine.

Loratadine adalah obat alergi jenis antihistamin yang bisa mengobati gejala seperti gatal - gatal, hidung berair, mata berair, dan beberapa gejalan lain yang disebabkan oleh paparan alergen seperti serbuk bunga dan lainnya. Obat ini juga berfungsi untuk meredakan gatal - gatal akibat alergi. Loratadine merupakan obat yang bukan bertujuan untuk mencegah gatal - gatal atau mengobati reaksi alergi serius seperti syok anafilaktik. Loratadine hanya dapat berfungsi untuk mengobati alergi - alergi ringan saja.

Loratadine biasanya digunakan untuk mengatasi alergi akibat terhirupnya zat alergen. Jenis alergi karena terhirup ini merupakan jenis yang paling umum terjadi. Alergi ini biasanya terjadi akibat paparan polutan yang umumnya terjadi pada Negara - Negara berkembang. Beberapa reaksi alergi yang ditimbulkan oleh paparan polutan ini diantaranya adalah asma, rhinitis, rhinoconjunctivitis, dan infeksi saluran pernapasan akut. Selain untuk mengobati alergi akibat polutan di luar ruangan, obat ini juga dapat mengobati alergi yang disebabkan oleh polutan yang ada di dalam ruangan, seperti jamu, bulu hewan peliharaan, debu, dan tungau.


Dosis loratadine untuk orang dewasa

Dosis untuk rhinitis pada orang dewasa
Rhinitis alergi adalah salah satu rhinitis atau radang membrane hidung yang muncul ketika anda menghirup alergen. Hal ini merupakan reaksi tubuh yang berlebihan dalam merespon suatu alergen. Dosis loratadine untuk mengobati rhinitis adalah 10 mg dan diminum satu kali dalam sehari.

Dosis untuk biduran pada orang dewasa
Urtikaria atau yang lebih dikenal dengan biduran adalah kondisi dimana kulit memiliki ruam yang menonjol dan gatal. Ruam ini muncul di salah satu bagian tubuh dan menyebar ke area yang lebih besar. Bentuknya mirip seperti sekumpulan pulau yang lama kelamaan menyatu membentuk seperti pulau besar. Kondisi ini bukanlah penyakit yang membahayakan, tetapi dapat menimbulkan rasa ketidak nyamanan seperti gatal - gatal. Untuk mengatasi biduran, dosis loratadine yang harus dikonsumsi adalah sebesar 10 mg dan diminum satu kali dalam sehari.

Dosis loratadine untuk anak - anak

Dosis anak untuk alergi rhinitis
Untuk mengatasi alergi rhinitis, dosis untuk anak yang berusia 2 - 5 tahun sebanyak 5 mg, yang diminum satu kali sehari. Sedangkan pada anak yang berusia 6 tahun keatas, dosisnya adalah 10 mg yang diminum satu kali dalam sehari.

Dosis anak untuk biduran
Untuk mengatasi biduran, dosis untuk anak yang berusia 2 - 5 tahun adalah 5 mg, dan diminum satu kali sehari. Sedangkan untuk anak yang berusia 6 tahun keatas, dosisnya adalah 10 mg dan diminum satu kali sehari.



Beberapa efek samping yang dapat terjadi akibat penggunaan loratadine adalah :
  • Sakit kepala
  • Gugup
  • Merasa lelah atau mengantuk
  • Sakit perut
  • Mulut kering
  • Mata merah
  • Ruam kulit




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search