Thursday, June 13, 2019

Spironolactone : Obat Untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Spironolactone : Obat Untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi


Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini terjadi karena adanya penyempitan aliran darah, sehingga menyebabkan darah yang mengalir didalam tubuh memiliki tekanan diatas batas normal, yang tentunya mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Tekanan darah tinggi umumnya disebabkan karena penumpukan kolestrol dan lemak didalam darah yang menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pada aliran darah. Salah satu obat yang direkomendasikan untuk mengobati penyakit ini adalah spironolactone.

Spironolactone adalah obat yang berfungsi untuk mengobati tekanan darah tinggi. Selain untuk menurunkan tekanan darah tinggi, obat ini juga dapat bermanfaat untuk mencegah stroke, serangan jantung, dan masalah pada ginjal. Spironolactone juga dapat digunakan untuk mengobati pembengkakan atau edema yang disebabkan oleh kondisi tertentu seperti gagal jantung kongestif dengan cara mengeluarkan kelebihan cairan dan meringankan gejala seperti masalah pernapasan. Obat ini juga dapat dgunakan untuk mengobati kadar kalium rendah dan kondisi abnormal tubuh, dimana tubuh akan mengeluarkan banyak zat kimia alami.

Anda harus mengkonsumsi obat ini sesuai dengan arahan dan petunjuk dokter. Jika anda merasa mual, anda dapat mengkonsumsi obat ini dibarengi dengan makanan ataupun susu. Sangat baik untuk mengkonsumsi obat ini pada pagi hari, agar terhindar dari terbangun pada malam hari untuk buang air kecil. Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan dan jauhkan dari cahaya matahari langsung, serta hindari menyimpan pada tempat yang lembab. Konsumsilah obat ini secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.


Dosis spironolactone untuk orang dewasa
  • Dosis untuk dewasa dengan edema : 25 mg sampai 200 mg/hari dibagi menjadi 1 atau 2 dosis.
  • Dosis untuk dewasa dengan hipertensi : 25 mg sampai 200 mg/hari dibagi menjadi 1 atau 2 dosis.
  • Dosis untuk dewasa dengan hypokalemia : 25 mg sampai 200 mg/hari dibagi menjadi 1 atau 2 dosis.
  • Dosis untuk dewasa dengan diagnosis awal hyperaldosteronism : 100 mg sampai 400 mg/hari dibagi menjadi 1 atau 2 dosis.
  • Dosis untuk dewasa dengan hirsutism : 50 mg sampai 200 mg/hari dibagi menjadi 1 atau 2 dosis.
  • Dosis untuk dewasa dengan gagal jantung kongestif : 25 mg/hari. Bisa ditambah atau dikurangi berdasarkan respon dan bukti dari hyperkalemia.

Dosis spironolactone untuk anak - anak
  • Dosis untuk anak - anak dengan hipertensi : Untuk neonatal, dosisnya 1 mg - 3 mg/kg/hari setiap 12 hingga 24 jam. Untuk anak - anak, dosisnya 1,5 mg hingga 3,3 mg/kg/hari. Dosis dibagi menjadi setiap 6 sampai 12 jam, tetapi tidak melebihi 100 mg/hari.
  • Dosis untuk anak - anak dengan diagnosis primer hyperaldosteronism : anak - anak 100 mg sampai 400 mg/hari terbagi menjadi 1 atau 2 dosis.


Beberapa efek samping yang mungkin terjadi dari penggunaan obat spironolactone diantaranya :
  • Mati rasa atau perasaan geli.
  • Nyeri otot atau lemah.
  • Lambat, cepat, atau detak jantung tidak beraturan.
  • Merasa lelah, gelisah, atau pusing.
  • Jarang buang air kecil atau tidak sama sekali.
  • Napas cepat.
  • Tremor dan kebingungan.
  • Reaksi alergi pada kulit.

Tidak semua orang dapat mengalami efek samping dari penggunaan spironolactone. Tetapi, sebaiknya anda perlu mempertimbangkan berbagai kemungkinan risiko yang ada. Mungkin ada beberapa efek samping dari penggunaan obat spironolactone yang belum disebutkan. Jika anda memiliki kekhawatiran tertentu mengenai obat spironolactone, anda dapat berkonsultasi dengan dokter dan apoteker anda.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search