Thursday, June 13, 2019

Alexoprin : Obat Untuk Menangani Rasa Nyeri Dan Inflamasi Pada Otot

Alexoprin : Obat Untuk Menangani Rasa Nyeri Dan Inflamasi Pada Otot


Nyeri otot merupakan suatu keadaan ketika otot kita terasa sakit atau nyeri yang disebabkan oleh suatu hal. Salah satu hal yang dapat menimbulkan rasa nyeri tersebut adalah terjadinya inflamasi atau peradangan pada jaringan muscular skeletal. Salah satu obat yang direkomendasikan untuk mengobati nyeri atau inflamasi yang terjadi pada otot adalah alexoprin. Alexoprin atau aluminium acetylsalicylate merupakan jenis obat yang digunakan untuk menangani rasa nyeri dan inflamasi yang berkaitan dengan muscular skeletal dan joint disorder. Muscular skeletal disorder adalah gangguan atau adanya kerusakan pada jaringan halus system musculoskeletal. Beberapa fungsi yang termasuk kedalam system musculoskeletal adalah fungsi otot, saraf, tendon, ligament, dan struktur penunjang.

Alexoprin adalah produk kondensasi polymeric dari aluminium oxide dan aspirin. Mekanisme kerja alexoprin hampir sama dengan mekanisme kerja aspirin yaitu dengan menghambat COX. Dengan terhambatnya COX, maka proses biosintesis prostaglandins dan thromboxanes. Alexoprin juga bekerja dengan menghambat agregasi atau berkumpulnya sel darah putih. Obat in idigunakan sebagai anti inflamasi, antipyretic, dan sebagai analgesic. Anti inflamasi merupakan obat anti radang. Antipyretic merupakan penurun demam, dan analgesic berfungsi untuk menghilangkan rasa nyeri tanpa harus menghilangkan kesadaran.


Dosis alexoprin untuk orang dewasa
  • Oral : 600 mg - 1200 mg dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari.
Dosis alexoprin untuk anak - anak
  • Belum ditemukan dosis penggunaan alexoprin untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat yang berbahaya bagi anak - anak, sehingga sebaiknya obat ini tidak dikonsumsi oleh anak - anak.


Beberapa efek samping yang mungkin timbul dari penggunaan obat alexoprin diantaranya :
  • Gangguan pencernaan
  • Hypoprothrombinaemia
  • Kelainan darah
  • Salicylism
  • Keracunan hati dan hipersensitivitas


Tidak semua orang dapat mengalami efek samping akibat penggunaan obat alexoprin. Mungkin ada beberapa efek samping dari penggunaan alexoprin yang belum disebutkan. Ada baiknya agar selalu waspada terhadap berbagai kemungkinan efek samping yang terjadi akibat penggunaan alexoprin. Bila anda memiliki ke khawatiran tertentu, segera konsultasikan ke dokter dan apoteker anda.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search