Thursday, June 13, 2019

Alogliptin : Obat Untuk Mengendalikan Kadar Gula Darah

Alogliptin : Obat Untuk Mengendalikan Kadar Gula Darah


Indonesia merupakan Negara dengan jumlah pasien pengidap diabetes terbanyak ke empat didunia setelah india, china, dan amerika serikat. Jumlah ini tentunya akan meningkat setiap tahunnya, terlebih gaya hidup tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan cepat saji dan jarang berolahraga, banyak dilakukan oleh masyarakat modern. Lebih dari 60% penduduk Indonesia tidak menyadari bahwa dirinya mengidap diabetes. Oleh karena itulah penting bagi kita untuk mengetahui batasan gula darah normal dalam tubuh. Bagi pendrita diabetes, menjaga kadar gula darah agar tetap dalam batas normal merupakan hal yang wajib dilakukan. Jika kadar gula darahnya meningkat, maka penyakit diabetesnya akan semakin parah.

Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengendalikan kadar gula dalam darah adalah alogliptin. Alogliptin adalah obat untuk mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Obat ini tidak digunakan sebagai terapi obat untuk pengidap diabetes tipe 1 dan diabetes ketoasidosis. Mengkonsumsi alogliptin dan diimbangi dengan diet serta latihan fisik akan memberikan hasil maksimal pada kontrol gula darah. Obat ini dapat dikonsumsi dengan makanan atau tanpa makanan. Alogliptin bekerja dengan meningkatkan jumlah subtansi alami dalam tubuh yang disebut dengan inkretin. Inkretin berperan dalam kontrol gula darah dengan cara meningkatkan pelepasan jumlah insulin. Inkretin juga dapat menurunkan jumlah gula yang diproduksi oleh hati anda.

Alogliptin merupakan obat oral yang dikonsumsi sebanyak satu kali dalam sehari. Minumlah obat ini pada waktu yang sama setiap hari, untuk dapat memaksimalkan efek pengobatan pada tubuh. Penyakit diabetes hingga saat ini belum ditemukan obatnya. Untuk itu, alogliptin merupakan obat untuk mengontrol diabetes agar tidak semakin parah, bukan menyembuhkannya. Jangan lupa untuk selalu mengontrol kadar gula darah anda dan menginformasikannya kepada dokter anda. Dengan begitu, dokter akan mengetahui sejauh mana keberhasilan pengobatan yang dijalani.


Dosis alogliptin
  • Dosis yang digunakan untuk penggunaan alogliptin adalah 25 mg sebanyak 1 kali dalam sehari. Obat ini dapat digunakan sebagai terapi tunggal atau dikombinasikan dengan antidiabetic agents lainnya.


Efek samping

Mengkonsumsi alogliptin secara rutin dapat mempengaruhi gula darah anda. Efek sampingnya juga dapat meliputi hipoglikemia dan hiperglikemia. Segera cari bantuan medis jika anda mendapati gejala berikut :
  • Sakit pada perut bagian atas yang menjalar hingga ke punggung.
  • Mual dan muntah, kehilangan selera makan, dan detak jantung cepat.
  • Kelelahan.
  • Mata dan kulit menguning.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search