Monday, July 15, 2019

Amlodipine : Obat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Amlodipine : Obat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Tekanan darah adalah ukuran yang dapat menentukan seberapa kuat jantung anda untuk memompa darah ke seluruh jantung anda. Tekanan darah merupakan kondisi yang tidak berjalan secara pasti, karena tekanan darah dapat bervariasi tergantung aktivitas yang dilakukan. Tekanan darah tinggi merupakan nama lain dari hipertensi. Tekanan darah tinggi terjadi ketika tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 mmHg. Tekanan darah tinggi yang terjadi secara terus menerus dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti stroke, gagal jantung kongestif, gagal ginjal, pengerasan arteri, dan komplikasi lainnya.

Salah satu obat yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah amlodipine. Amlodipine merupakan obat calcium channel blockers yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Obat ini bekerja dengan cara memasuki jaringan dan pembuluh arteri tertentu, kemudian mengalir ke jantung sehingga bekerja sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah. Obat ini juga dapat digunakan sebagai kombinasi dari obat lain untuk mengobati tekanan darah tinggi atau dapat digunakan secara mandiri. Amlodipine juga digunakan untuk mencegah beberapa jenis nyeri dada atau angina.

Walaupun amlodipine dapat digunakan untuk mencegah terjadinya nyeri dada atau angina, tetapi obat ini tidak boleh digunakan saat nyeri dada atau angina terjadi. Gunakan obat lain seperti nitrogliserin sublingual untuk meringankan serangan nyeri dada. Amlodipine dapat dikonsumsi dengan makanan maupun tanpa makanan. Dosis amlodipine diberikan berdasarkan kondisi medis pasien dan respon pasien terhadap pengobatan. Amlodipine merupakan jenis obat yang paling baik jika disimpan didalam suhu ruangan. Jauhkan dari sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis amlodipine untuk orang dewasa

Dosis dewasa biasa untuk hipertensi :
  • Dosis awal : 5 mg secara oral sekali sehari.
  • Dosis pemeliharaan : 5 - 10 mg per oral sekali sehari.

Dosis dewasa biasa untuk angina pectoris :
  • Dosis awal : 5 - 10 mg secara oral sekali sehari.

Dosis dewasa biasa untuk arteri koroner :
  • Dosis awal : 5 - 10 mg secara oral sekali sehari.


Dosis amlodipine untuk anak - anak

Dosis anak - anak untuk hipertensi :
  • 6 - 17 tahun : 2,5 - 5 mg oral sekali sehari.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, amlodipine juga memiliki efek samping. Tetapi tidak semua orang dapat merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang dapat terjadi akibat penggunaan obat amlodipine, yaitu :
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Mengantuk
  • Perasaan lelah
  • Sakit perut
  • Hilang kesadaran




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search