Monday, July 15, 2019

Asam Traneksamat : Obat Untuk Mengurangi Pendarahan Akibat Pencabutan Gigi

Asam Traneksamat : Obat Untuk Mengurangi Pendarahan Akibat Pencabutan Gigi


Cabut gigi merupakan proses pengangkatan gigi dari soket gigi pada tulang rahang, atau dalam istilah medis disebut ekstraksi gigi. Ketika gigi seorang telah rusak atau berlubang akibat pembusukan, dokter biasanya mencoba memperbaiki terlebih dahulu dengan penambalan, dan perawatan saluran akar sebelum melakukan proses pencabutan gigi. Efek samping dari proses pencabutan gigi biasanya adalah rasa sakit pada soket gigi yang dicabut ketika bersentuhan dengan makanan dan pendarahan yang terjadi ketika prosedur cabut gigi dilakukan.

Salah satu obat yang sering digunakan untuk menghentikan pendarahan pada proses pencabutan gigi adalah asam traneksamat. Asam traneksamat merupakan obat yang berguna untuk mencegah dan mengurangi pendarahan akibat proses pencabutan gigi. Obat ini juga digunakan untuk jangka pendek pad aorang denganjenis gangguan pendarahan hemofilia, untuk mengendalikan pendarahan saat operasi atau cedera, saat mimisan, atau saat menstruasi. Asam traneksamat bekerja dengan cara membantu darah menggumpal dengan normal untuk mencegah dan menghentikan pendarahan dalam waktu lama.

Asam traneksamat termasuk kedalam golongan obat anti fibrinolytics. Dosis dan lama pengobatan asam menggunakan asam traneksamat diberikan berdasarkan kondisi medis pasien dan respon pasien terhadap pengobatan. Jangan naikkan dosis, jangan menggunakan terlalu sering, atau menggunakan lebih lami dari resep yang diberikan. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik. Asam traneksamat merupakan obat yang paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis asam traneksamat untuk orang dewasa

Untuk penanganan pendarahan dalam jangka pendek :
  • Tablet oral : 15 - 25 mg/kg 2 - 3 kali sehari.
  • Suntikan intravena : 10 mg/kg  kali sehari atau 25 - 50 mg/kg/hari dalam cairan infuse berkelanjutan.
Untuk penanganan angioedema turunan :

  •  Tablet oral : 1 - 1,5 gr 2 - 3 kali sehari.


Dosis asam traneksamat untuk anak - anak

Untuk penanganan pendarahan dalam jangka pendek :

  • Tablet oral : 25 mg/kg 2 - 3 kali sehari.
  • Suntikan intravena : 10 mg/kg 2 - 3 kali sehari


Efek samping

Sama seperti obat - obatan lainnya, asam traneksamat juga memiliki efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan efek samping dari asam traneksamat, yaitu :
  • Mual
  • Muntah - muntah
  • Diare




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search