Monday, July 15, 2019

Chloroquine : Obat Untuk Mencegah Dan Mengobati Malaria

Chloroquine : Obat Untuk Mencegah Dan Mengobati Malaria


Malaria merupakan penyakit yang sangat berbahaya yang disebabkan oleh gigitan nyamuk anopheles yang telah terinfeksi parasit. Ketika nyamuk anopheles yang terinfeksi parasit menggigit anda, maka parasit plasmodium yang berada pada mulut nyamuk anopheles pun masuk kedalam tubuh anda dan mengalir melalui aliran darah dan menyebar keseluruh tubuh. Saat anda telah terjangkit penyakit malaria, anda akan mengalami menggigil dan demam secara terus menerus dalam suatu siklus tertentu. Penyakit malaria umum terjadi di Negara tropis termasuk Indonesia. Penyakit ini dapat menjangkiti pasien dari berbagai gender dan golongan usia. Penyakit malaria dapat diobati dengan menggunakan obat - obatan dan mengurangi berbagai faktor risiko penyebabnya.

Salah satu obat yang sering digunakan dalam pengobatan penyakit malaria adalah chloroquine. Chloroquine merupakan obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati malaria, atau mengobati penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk yang terinfeksi parasit. Parasit penyebab malaria masuk melalui gigitan nyamuk dan kemudian menetap dalam jaringan tubuh, seperti sel darah merah atau hati. Chloroquine termasuk jenis obat antimalarial yang berfungsi untuk mematikan parasit yang menetap dalam sel darah merah. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi amoeba dan beberapa penyakit autoimun lainnya seperti lupus.

Untuk mencegah malaria, konsumsi chloroquine satu kali tiap minggu pada hari yang sama setiap minggunya, atau sesuai anjuran dokter. Pengobatan dimulai 1 -2 minggu sebelum anda pergi ke daerah endemic malaria. Teruskan pengobatan selama 4 - 8 minggu kemudian setelah anda meninggalkan daerah endemic malaria tersebut. Tindakan pencegahan dari gigitan nyamuk sangat direkomendasikan. Hal ini karena belum ada obat yang benar - benar dapat menyembuhkan penyakit malaria secara penuh. Chloroquine merupakan obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari sinar matahari langsung dan jangan meletakkannya pada tempat yang lembab.


Dosis chloroquine untuk orang dewasa

Dosis umum untuk orang dewasa pengidap malaria prophylaxis :
  • 500 mg chloroquine phosphate diminum 1 kali per minggu pad ahari yang sama setiap minggunya.

Dosis umum untuk orang dewasa pengidap malaria :
  • Dosis awal : 1 gr chloroquine phosphate diminum 1 kali per minggu pada hari yang sama tiap minggu.
  • Dosis pemeliharaan : 500 mg chloroquine phosphate diminum setelah 6 - 8 jam dan dikonsumsi selama 2 hari berturut - turut.

Dosis umum untuk dewasa pengidap amebiosis :
  • 1 gram chloroquine phosphate diminum satu kali selama 2 hari, kemudian diikuti dengan 500 mg chloroquine phosphate diminum sekali sehari selama 2 - 3 minggu.


Dosis chloroquine untuk anak - anak

Dosis umum untuk anak pengidap malaria prophylaxis :
  • Bayi dan anak - anak gunakan 8,3 mg chloroquine phosphate diminum 1 kali per minggu pada hari yang sama setiap minggunya.


Efek samping

Beberapa efek samping yang dapat terjadi akibat penggunaan obat chloroquine adalah :
  • Diare, muntah - muntah, dan kram perut.
  • Kerontokan rambut sementara dan perubahan warna rambut.
  • Otot terasa lemas.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search