Monday, July 15, 2019

Dithranol : Obat Untuk Mengobati Psoriasis

Dithranol : Obat Untuk Mengobati Psoriasis


Psoriasis merupakan penyakit kulit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel kulit yang terlalu cepat. Hal ini menyebabkan terjadinya penumpukkan sel kulit baru di permukaan sehingga membuat timbulnya bercak merah pada kulit dan kulit menjadi tebal serta bersisik. Psoriasis termasuk penyakit autoimun yang tidak diketahui secara pasti penyebabnya. Selain karena masalah system kekebalan tubuh, psoriasis biasanya dapat dipicu oleh berbagai faktor baik dari dalam internal tubuh maupun dari faktor eksternal seperti kondisi lingkungan.

Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengobati penyakit psoriasis adalah dithranol. Dithranol merupakan obat yang digunakan dalam pengobatan psoriasis. Obat ini telah digunakan dalam mengobati penyakit psoriasis sejak abad 19. Kala itu, obat ini hanya boleh digunakan dirumah sakit dan pengobatannya hanya boleh dilakukan oleh dokter. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi kesehatan, obat ini bisa digunakan secara mandiri di rumah. Jika digunakan dengan benar dan dengan cara yang tepat, obat ini dapat meringankan gejala psoriasis tanpa menimbulkan efek samping yang berarti.

Gunakan dithranol sesuai dengan petunjuk dokter. Untuk mencegah perubahan warna kuku, gunakan sarung tangan plastic dalam mengaplikasikan obat ini. Oleskan tipis - tipis obat dithranol pada kulit yang mengalami psoriasis, biasanya sekali sehari. Jangan mengoleskan dithranol pada lapisan kepala normal (yang tidak terkena psoriasis). Jika terjadi pengaruh pada kulit kepala normal yang terletak disekitar area yang terkena psoriasis, gunakan petroleum jelly untuk melindunginya.

Untuk mengobati kulit kepala, cucilah rambut anda dengan shampoo untuk menghilangkan kerak - kerak yang menempel pada rambut. Bilaslah rambut anda sampai bersih, lalu oleskan dithranol ke area yang mengalami psoriasis. Setelah menggunakan obat ini, bilas tangan anda segera dengan menggunakan air hangat, lalu cucilah dengan sabun dan air hangat. Jangan sampai obat ini terkena mata, selaput lendir, dan area genital. Dithranol paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.

Dosis dithranol untuk orang dewasa
  • Untuk mengatasi psoriasis kronis, dosis dithranol adalah 0,5 - 1 % salep. Oleskan tipis - tipis pada area yang terkena psoriasis dan diamkan selama 60 menit sebelum dibilas. Dosis dapat ditingkatkan secara bertahap dengan pemakaian salep 1 - 2 %.


Dosis dithranol untuk anak - anak
  • Belum ditemukan dosis obat dithranol untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika digunakan pada anak - anak. Oleh karena itu, sebaiknya obat ini jangan digunakan untuk mengobati psoriasis pada anak - anak.


Efek samping

Efek samping yang paling umum dari penggunaan dithranol adalah :
  • Kemerahan
  • Iritasi pada kulit kepala
  • Warna kuku berubah
  • Reaksi alergi




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search