Monday, July 22, 2019

Glipizide : Obat Untuk Mengendalikan Kadar Gula Darah

Glipizide : Obat Untuk Mengendalikan Kadar Gula Darah


Dalam ilmu kedokteran, Gula darah merupakan istilah yang mengacu pada kadar glukosa yang terdapat didalam darah. Konsentrasi gula darah atau tingkat glukosa serum, diatur dengan ketat didalam tubuh. Glukosa yang dialirkan melalui darah merupakan sumber energi utama untuk sel - sel tubuh. Bila kadar gula darah menurun atau rendah, maka berkembanglah kondisi fatal yang disebut hipoglikemia. Gejalanya adalah perasaan lelah, fungsi mental yang menurun, rasa mudah tersinggung, dan kehilangan kesadaran. Bila level atau kadarnya tinggi, maka berkembanglah kondisi hiperglikemia yang berakibat pada hilangnya nafsu makan pada waktu yang singkat. Kondisi hiperglikemia jika dibiarkan dapat menyebabkan berbagai masalah yang fatal yang berkaitan dengan diabetes, yaitu kerusakan pada fungsi mata, ginjal, dan saraf.

Salah satu obat yang dapat digunakan untuk membantu mengontrol kadar gula darah adalah glipizide. Glipizide merupakan obat yang digunakan bersamaan dengan diet teratur dan program olahraga untuk mengendalikan kadar gula darah yang tinggi pada orang yang mengidap penyakit diabetes tipe 2. Obat ini juga dapat dikombinasikan dengan obat diabetes lainnya. Dengan mengendalikan kadar gula darah yang tinggi, tentunya dapat membantu mencegah kerusakan ginjal, kebutaan, masalah saraf, kehilangan anggota badan, dan masalah disfungsi seksual. Pengendalian diabetes yang baik juga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung atau stroke.

Glipizide termasuk kedalam kelas obat sulfonylureas. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi gula darah dengan menyebabkan lepasnya insulin alami tubuh. Konsumsilah obat ini sekitar 30 menit sebelum sarapan atau sesuai dengan petunjuk dokter, biasanya sekali sehari. Untuk mengurangi risiko efek samping, dokter mungkin akan mengarahkan anda untuk memulai pengobatan ini dengan dosis rendah terlebih dahulu, lalu ditingkatkan secara bertahap. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal. Untuk membantu anda mengingat, gunakan obat pada waktu yang sama setiap harinya. Glipizide merupakan jenis obat yang paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari paapran sinar matahari dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis glipizide untuk orang dewasa
  • Rekomendasi dosis dimulai dari 5 mg, diberikan sebelum sarapan.


Dosis glipizide untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis glizipide untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya bila dikonsumsi oleh anak - anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lain, glipizide juga memiliki risiko efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami efek samping tersebut. Segera hentikan pengobatan jika anda mengalami efek samping parah seperti berikut :
  • Mudah memar atau pendarahan, merasa kelelahan atau nafas sesak, detak jantung cepat.
  • Mual, nyeri perut atas, gatal - gatal, kehilangan nafsu makan, urin berwarna gelap, penyakit kuning.
  • Kulit pucat, demam, mengalami kebingungan.
  • Sakit kepala berdenyut, mual parah dan muntah - muntah, detak jantung cepat, merasa ingin pingsan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search