Tuesday, July 2, 2019

Indapamide : Obat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Indapamide : Obat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Tekanan darah tinggi adalah nama lain dari penyakit hipertensi. Hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Angka 140 mmHG merujuk pada bacaan sistolik, yaitu ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sementara itu, angka 90 mmHG mengacu pada bacaan diastolic, yaitu ketika jantung dalam keadaan rileks sembari mengisi ulang bilik - biliknya dengan darah. Hampir semua orang dapat mengalami penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, bahkan badan kesehatan dunia atau WHO menyebut angka pengidap hipertensi terus meningkat setiap tahunnya.

Salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengatasi hipertensi adalah indapamide. Indapamide adalah obat yang umumnya digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengurangi kadar garam dan cairan berlebih dalam tubuh (edema) yang disebabkan oleh masalah jantung (gagal jantung kongestif). Penurunan kadar garam dan cairan berlebih dalam tubuh dapat mengurangi pembengkakan dan masalah pernapasan yang diakibatkan oleh gagal jantung kongestif serta dapat meningkatkan kemampuan anda untuk berolahraga.

Indapamide merupakan obat diuretic yang memungkinkan anda untuk menghasilkan jumlah urine lebih banyak dari biasanya. Mengeluarkan kadar air dan garam berlebih dapat mengendurkan pembuluh darah, sehingga darah dapat lebih mudah mengalir. Aliran darah yang mudah mengalir tersebut dapat menurunkan tekanan darah dan dapat meringankan kerja jantung saat memompa darah. Indapamide paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.



Dosis indapamide untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk penyakit edema. Dosis awal : 25 mg diminum sekali sehari.
  • Dosis dewasa untuk penyakit hipertensi. Dosis awal : 1,5 mg diminum sekali sehari.

Dosis indapamide untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis indapamide yang cocok untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak. Oleh karena itu, sebaiknya tidak membarikan obat ini pada anak - anak.


Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang dapat terjadi akibat dari penggunaan indapamide, yaitu :
  • Mulut kering, haus, mual, dan muntah.
  • Badan lemas, mengantuk, gelisah, atau sempoyongan.
  • Detak jantung tidak teratur.
  • Nyeri otot atau lemah
  • Pening
  • Sakit kepala
  • Ruam kulit ringan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search