Wednesday, August 28, 2019

Fakta Kesehatan Tentang Tradisi Membedong Bayi

Fakta Kesehatan Tentang Tradisi Membedong Bayi


Sudah menjadi kebiasaan turun temurun masyarakat kita dan sudah menjadi tradisi bahwa setiap bayi yang baru lahir harus dibedong supaya kakinya dapat tumbuh lurus dan tidak bengkok ketika besar. Benarkah bedong dapat meluruskan kaki bayi dan jika tidak dibedong kaki bayi akan bengkok? Sebenarnya membedong bayi merupakan sebuah tradisi turun temurun yang sudha ada sejak zaman dahulu. Tujuannya pun bermacam - macam, bahkan beberapa orang meyakini bahwa apabila bayi dibedong, bayi akan merasa hangat. Dengan begitu, bayi tidak mudah sakit karena kedinginan. Ada pula yang mempercayai tujuan bayi dibedong adalah untuk memperbaiki bentuk kaki bayi. Bayi yang sering dibungkus dengan kain atau dibedong diharapkan dapat tumbuh lurus dan tidak bengkok seiring dengan bertambahnya usia.

Berbagai persepsi perihal membedong bayi telah mengakar kuat didalam fikiran masyarakat Indonesia. Tetapi, apakah benar bayi harus dibedong ? lalu, jika bayi tidak dibedong, apakah kaki bayi akan menjadi bengkok ? Pertanyaan ini mungkin pernah menghampiri fikiran setiap  ibu yang baru memiliki anak. Hal ini karena tradisi bedong sudah mengakar kuat dalam fikiran masyarakat Indonesia. Secara ilmiah, membedong bayi tidak memiliki manfaat khusus selain untuk menjaga kehangatan bayi. Perlu anda catat, bahwa membedong bayi tidak wajib dilakukan. Anda juga bisa menjaga kehangatan tubuh bayi dengan cara lain seperti mengatur suhu ruangan supaya tidak terlalu dingin dan mengenakan pakaian dengan bahan yang nyaman utnuk bayi anda.

Membedong bayi tidak memberikan pengaruh apapun pada bentuk kaki bayi. Saat baru lahir, kaki bayi pasti berbentuk bengkok karena mengikuti posisi ketika masih berada didalam kandungan. Secara alami, kaki bayi akan tumbuh lurus seiring dengan bertambahnya usia. Proses ini berlangsung secara bertahap hingga bayi berusia 3 tahun. Jadi, tanpa harus dibedong pun, kaki bayi akan lurus dengan sendirinya. Namun, apabila anda ingin tetap membedong bayi, hal tersebut boleh saja dilakukan. Namun, tujuannya bukan untuk meluruskan kaki bayi, tetapi bertujuan untuk menghangatkan tubuh bayi.

Setelah anda mengetahui fakta tentang membedong bayi dari ulasan diatas, anda mungkin akan tetap memilih untuk membedong bayi anda supaya bayi anda tetap merasa hangat dan nyaman. Namun, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam melakukan bedong pada bayi anda. Hal yang harus diingat adalah fakta bahwa tubuh bayi masih dalam masa perkembangan, jadi jika membedong bayi dilakukan dengan menarik kaki dan mengikatnya, hal tersebut justru dapat mengganggu tumbuh kembang bayi. Kaki bayi yang ditarik dan diikat terlalu kencang justru dapat menghambat perkembangan sendi kaki. Lebih lanjut lagi, kemungkinan saraf - saraf yang ada disekitar kaki bayi akan mengalami masalah.


Berikut ini merupakan beebrapa tips untuk membedong bayi dengan aman dan nyaman, yaitu :

1. Pilih jenis kain yang tepat

Hal pertama yang harus anda perhatikan sebelum melakukan pembedongan pada bayi anda adalah jenis kain yang akan digunakan untuk membedong. Pastikan anda memilih kain dengan bahan yang nyaman dan lembut untuk bayi. Selain tebal dan hangat, kain untuk membedong tidak boleh terbuat dari bahan yang kasar supaya kulit bayi terhindar dari iritasi.

2. Jangan mengikat kain terlalu kencang

Hindari mengikat kain bedongan bayi terlalu kencang. Kaki dan tangan bayi tidak boleh ditarik atau diluruskan dengan paksa ketika dibungkus dengan kain. Anda juga harus memastikan bahwa bayi tetap bisa bergerak dengan nyaman dan leluasa selama dibedong.

3. Tidak perlu membedong bayi seharian penuh


Anda tidak perlu membedong bayi seharian penuh. Bayi cukup dibedong seperlunya saja, misalnya saat sedang udara dingin atau saat bayi sedang tidur. Dengan begitu, bayi anda tetap bisa bergerak bebas dan tumbuh kembangnya tidak terganggu.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search