Tuesday, August 6, 2019

Kenali Penyebab Puting Susu Gatal Saat Menyusui

Kenali Penyebab Puting Susu Gatal Saat Menyusui


Menyusui merupakan proses pemindahan nutrisi dari tubuh ibu ke tubuh bayi. Seharusnya, proses menyusui ini dapat semakin mempererat hubungan ibu dengan bayinya. Tetapi, terkadang ada beberapa keluhan yang dialami oleh ibu ketika sedang menyusui bayinya. Salah satunya adalah rasa gatal pada payudara ketika sedang melakukan proses menyusui. Kondisi ini tentunya dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman saat menyusui. Umumnya, rasa gatal pada puting payudara disebabkan oleh beberapa hal. 


Berikut ini akan dijelaskan mengenai hal  - hal yang dapat menyebabkan rasa gatal pada puting saat menyusui, yaitu :

1. Kulit pecah - pecah dan iritasi

Kulit pecah - pecah dapat menyebabkan rasa gatal saat menyusui. Hal ini terjadi karena jaringan yang terdapat pada sekitar puting susu bersifat sensitive. Seorang ibu yang baru pertama kali menyusui anaknya akan terkejut dengan kuatnya bayi saat menghisap puting susu. Akibatnya kulit puting menjadi pecah - pecah dan mengalami iritasi. Hal ini biasanya terjadi pada ibu yang memiliki kulit sensitive.

2. Mastitis

Mastitis merupakan peradangan pada jaringan payudara yang dalam dan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Mastitis dapat muncul secara tiba - tiba, dan seringkali terjadi pada minggu - minggu awal menyusui. Mastitis juga dapat menyebabkan rasa gatal dan nyeri baik pada kulit maupun jaringan dalam payudara. Beberapa wanita mengalami sensasi perih dan payudaranya akan terasa hangat ketika disentuh. Tidak hanya itu, mastitis juga dapat menyebabkan demam tinggi. Dokter biasanya akan meresepkan obat antibiotic untuk mengatasi penyakit mastitis.

3. Sariawan puting

Sariawan tidak hanya terjadi pada bibir saja, tetapi dapat terjadi pula pada puting payudara. Sariawan puting merupakan infeksi jamur yang terjadi pada puting payudara. Kondisi ini sangat umum terjadi pada wanita yang sedang dalam fase menyusui dan dapat menyebabkan rasa gatal serta nyeri pada puting payudara. Jika seseorang mengalami sariawan puting, biasanya akan sangat sulit untuk menemukan sumber rasa sakitnya. Terlebih, rasa sakit bisa berubah dan bertambah buruk seiring berjalannya waktu. Kondisi ini akan terus berlanjut jika kondisi putign payudara hangat dan basah. Penyakit ini dapat berlangsung selama beberapa minggu sampai beberapa bulan.

4. Dermatitis kontak


Dermatitis kontak adalah penyakit yang dapat menyebabkan rasa sakit dan gatal yang terjadi setelah terpapar iritasi kulit. Beberapa wanita mengalami dermatitis kontak pada puting susu mereka pada minggu - minggu awal menyusui. Ketika seorang ibu mengalami dermatitis kontak, gatal hanya akan terjadi pada bagian puting yang bersentuhan dengan mulut bayi. Terkadang warna puting yang mengalami dermatitis kontak berubah menjadi merah dan berisisik.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search