Tuesday, August 6, 2019

Pengaruh Obat Antidepresan Bagi Ibu Menyusui

Pengaruh Obat Antidepresan Bagi Ibu Menyusui


Setiap wanita, mengalami perubahan fisik dan psikologis yang berbeda - beda pasca melahirkan. Bahkan, beberapa diantaranya sampai mengalami depresi dan terserang baby blues syndrome. Padahal seharusnya, menyusui merupakan masa emas bagi ibu untuk menjalin kedekatan dengan bayinya. Untuk mengatasi depresi yang terjadi, beberapa orang diantaranya mengkonsumsi obat antidepresan untuk mengurangi atau meringankan gejala depresi. Tetapi, amankah mengkonsumsi obat antidepresan ketika sedang dalam masa menyusui ?

Berubahnya suasana hati dengan cepat tampaknya cukup umum terjadi pada kalangan ibu yang baru saja melahirkan. Namun, terkadang ada yang sampai mengalami depresi parah atau dikenal dengan depresi postpartum dan baby blues syndrome. Jika tidak segera diobati, depresi pasca melahirkan dapat menganggu kemampuan seorang ibu dalam merawat bayinya terutama saat fase menyusui. Salah satu cara yang biasanya dilakukan utnuk mengatasi depresi adalah dengan mengkonsumsi obat anti depresan. Padahal, obat ini ditakutkan bisa tercampur bersama ASI saat menyusui sehingga dapat mempengaruhi kesehatan bayi.

Seorang dosen psikiatri dan obsetri ginekologi di emory university AS bernama Zachary Stowe menjelaskan bahwa sejauh ini belum ditemukan efek samping buruk terkait dengan penggunaan obat antidepresan oleh ibu menyusui. Dibanding dengan paparan obat yang masuk kedalam plasenta bayi selama kehamilan, risiko obat untuk mempengaruhi ASI terbilang sangat kecil. Lebih lanjut Stowe menjelaskan jika tidak segera diobati, kondisi depresi yang dialami ibu berisiko mempengaruhi perkembangan bayinya. Hal ini dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi obat antidepresan.

Selain kondisi ibu dapat berangsur - angsur membaik, pengaruh dari obat antidepresan disinyalir juga tidak begitu besar bagi perkembangan bayi. Kadar obat antidepresan yang dapat terserap oleh ASI pun terbilang sangat rendah. Itulah sebabnya, mengkonsumsi obat antidepresan selama menyusui diyakini tidak terlalu berpengaruh secara signifikan terhadap bayi dan justru dapat membantu memperlancar pemberian ASI oleh ibu. Hal ini dapat membantu memberikan hasil terbaik berupa kesehatan mental ibu sekaligus perkembangan bayi, karena bayi menerima ASI dalam jumlah cukup.

Selain dengan bantuan obat antidepresan, beberapa tips berikut ini juga dapat dilakukan oleh ibu menyusui untuk meminimalisir terjadinya depresi, yaitu :
  • Terapkan gaya hidup sehat termasuk makan teratur, rutin berolahraga, tidak merokok, dan tidak mengkonsumsi alkohol.
  • Luangkan waktu untuk diri sendiri atau yang lebih dikenal dengan me time.
  • Usahakan agar selalu berfikir positif dalam hal apapun.
  • Hindari terlalu mengisolasi atau mengurung diri dan enggan berkomunikasi dengan orang lain.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search