Wednesday, August 28, 2019

Ketahui Hal Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dilakukan Oleh Ibu Hamil

Ketahui Hal Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dilakukan Oleh Ibu Hamil


Hamil merupakan suatu masa ketika seorang wanita mulai mengalami pembuahan didalam rahimnya. Hasil dari pembuahan tersebut akan menghasilkan janin yang terus terbentuk dan akan sempurna pada bulan kesembilan setelah awal kehamilan dan siap untuk dilahirkan. Masa kehamilan merupakan masa - masa paling penting untuk membentuk calon bayi yang sehat dengan cara memenuhi kebutuhan gizinya selama berada didalam kandungan. Pemberian gizi yang optimal selama masa kandungan tentunya akan meminimalisir terjadinya cacat lahir dan akan membuat bayi lahir normal serta sehat. Selama masa kehamilan, ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil, baik itu tentang makanan, aktivitas, maupun hal lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seorang wanita selama masa kehamilan, yaitu :

1. Konsumsi multivitamin

Salah satu hal yang harus dipenuhi oleh wanita hamil dalam hal makanan adalah mencukupi semua zat gizi yang diperlukan janin. Pemenuhan zat gizi ini akan membuat anda menjadi lebih sehat dan janin yang ada didalam kandungan anda dapat tumbuh dengan sempurna. Beberapa multivitamin yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil diantaranya asam folat, kalsium, dan zat besi. Nutrisi ini akan mencegah terjadinya masalah pada janin dan membuat janin serta ibu hamil menjadi lebih sehat. Anda dapat mengkonsumsi multivitamin yang dijual di pasaran maupun yang diperoleh dengan resep dokter.

2. Tidur nyenyak dan teratur

Ibu hamil seringkali mengalami kesulitan tidur atau insomnia. Masalah ini tentunya dapat membuat wanita hamil tidak dapat tidur nyenyak setiap harinya. Ibu hamil akan mengalami kelelahan dan tidak dapat menjalani aktivitas sehari - harinya dengan sempurna jika mengalami gangguan tidur. Cara terbaik untuk menjaga kualitas tidur adalah dengan membuat tubuh merasakan kenyamanan saat ingin tidur. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara membuat kamar menjadi tenang dan nyaman atau dengan menambahkan aroma terapi pada kamar. Dalam satu hari pastikan anda mendapatkan tidur sebanyak 7 - 9 jam.

3. Hindari rokok, kafein, dan alkohol

Rokok dapat menyebabkan gangguan pada tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan gas beracun yang ada pada asap rokok seperti tar dan nikotin yang masuk kedalam tubuh. Hal tersebut tentunya dapat mengancam kesehatan janin yang ada didalam kandungan. Alkohol dan kafein juga tidak kalah berbahaya dengan rokok. Kandungan alkohol ataupun kafein yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya penigkatan detak jantung yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

4. Berolahraga secara rutin

Beberapa wanita hamil jarang sekali berolahraga. Hal ini dikarenakan mereka memiliki kehawatiran atau takut akan terjadi hal yang tidak diinginkan pada janin mereka. Padahal, melakukan olahraga ringan seperti jalan santai di taman justru baik untuk kesehatan. Dengan berolahraga rutin, ibu hamil akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan seperti masalah pada persendian, pembuluh darah, dan masalah pada tulang.

5. Melakukan seks dengan aman


Beberapa wanita hamil takut untuk melakukan hubungan seks dengan suaminya, Mereka takut terjadi hal yang tidak diinginkan jika melakukan hubungan seks saat hamil. Padahal, hubungan seks tetap boleh dilakukan, dengan catatan dilakukan setelah trimester kedua saat kandungan sudah kuat dan sehat. Suami juga harus menggunakan kondom saat penetrasi utnuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Jika terjadi pendarahan pada janin, sebaiknya kegiatan seks harus ditunda dulu.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search