Wednesday, August 28, 2019

Tips Mengatasi Rasa Lelah Berlebihan Saat Hamil

Tips Mengatasi Rasa Lelah Berlebihan Saat Hamil


Setiap ibu hamil memiliki beragam masalah kesehatan dan tentunya tidak dapat disamakan satu sama lain. Ada wanita yang selalu merasakan mual pada trimester pertama kehamilan. Lalu ada juga ibu hamil yang nafsu makannya sering menurun saat awal - awal kehamilan, padahal pada masa awal kehamilan ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk perkembangan janin. Selain beberapa masalah tersebut, ada satu masalah yang hampir dialami oleh semua wanita hamil, yaitu sering merasakan rasa lelah yang berlebihan. Meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat, tubuh ibu hamil mengalami rasa lelah yang sangat berlebihan, bahkan tidak jarang ibu hamil sering pingsan karena rasa lelah ini.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi rasa lelah berlebihan saat hamil, yaitu :

1. Cukup tidur

Salah satu pemicu kelelahan yang sering terjadi pada wanita hamil adalah karena kurangnya waktu tidur dan tidur yang tidak berkualitas. Idealnya, wanita yang sedang hamil harus mendapatkan waktu tidur setidaknya 7 - 9 jam dalam sehari. Dengan porsi tidur tersebut, ibu hamil dapat bangun pada kesesokan paginya dengan tubuh yang sehat dan bugar.


2. Perhatikan jumlah kalori yang masuk

Umumnya wanita dewasa membutuhkan sekitar 2000 kalori setiap hari. Kalori ini diperoleh dari makanan maupun minuman yang masuk kedalam tubuh. Saat hamil, nutrisi yang dibutuhkan pun semakin meningkat menjadi diatas 2000 kalori per hari. Hal ini dikarenakan janin juga memerlukan kalori atau energi untuk tumbuh setiap harinya. Dengan begitu, wanita hamil tidak akan mengalami masalah kesehatan baik pada dirinya maupun pada janin yang ada dalam kandungannya.


3. Pilihlah camilan sehat

Wanita hamil memang disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan daripada biasanya. Hal ini karena dalam tubuh wanita hamil terdapat dua kehidupan yang harus dipenuhi, yaitu kehidupan dirinya sendiri, dan kehidupan janin yang ada didalam kandungannya. Anda dapat makan diantara jam makan, atau ketika waktu luang. Tentunya dengan makanan atau camilan yang sehat dan bergizi, seperti buah - buahan, sayuran, susu, dan sebagainya. Hindari mengkonsumsi makanan yang berlemak, berminyak, dan yang mengandung pengawet serta pemanis buatan.


4. Menurunkan tempo aktivitas

Wanita hamil disarankan untuk tetap beraktivitas dan berolahraga ringan, tetapi jangan sampai melakukan aktivitas yang terlalu berat. Karena wanita hamil sangat rentan mengalami masalah kesehatan jika melakukan aktivitas yang terlalu berat dan dapat membahayakan kesehatan dirinya sendiri serta janin yang ada didalam kandungannya.


Berikut ini merupakan hal - hal yang harus dihindari oleh wanita hamil, karena dapat menyebabkan rasa lelah yang berlebihan, yaitu :
  • Sering mengalami gangguan tidur.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan makanan yang mengandung karbohidrat.
  • Sering begadang dimalam hari.
  • Memaksakan diri untuk mengerjakan semua aktivitas.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search