Wednesday, August 28, 2019

Sembelit Pada Ibu Hamil

Sembelit Pada Ibu Hamil


Sembelit kerap dialami oleh ibu hamil dan tentunya itu sangat menyiksa. Meskipun sebenarnya wajar saja ibu hamil mengalami sembelit atau konstipasi. Sembelit bisa terjadi pada ibu hamil karena biasanya selalu mengalami rasa cemas, panik. Lalu, terkadang juga malas berolahraga dan tidak konsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Padahal ibu hamil disarankan konsumsi makanan yang mengandung cukup serat agar lancar saat buang air. Karena orang hamil Sebisa mungkin tidak mengejan. Selain itu ibu hamil juga diwajibkan konsumsi vitamin yang mengandung zat besi dan kalsium, itu pun bisa menyebabkan sembelit.

Ketika hamil hormon progesteron meningkat sehingga menyebabkan pencernaan bekerja lambat. Itulah salah satu pemicu sembelit pada ibu hamil menurut Suzanne Wong, dokter kandungan dari st. Joseph’s Health Center Di Toronto. Serangan morning sickness dan ngidam juga bisa menjadi penyebab sembelit. Biasanya pola makannya berubah dan tidak sehat, apalagi jika ngidam makanan yang tidak sehat.

Beberapa penyebab ibu hamil mengalami sembelit. Di antaranya:
  • Rahim yang membesar. Kondisi ini bisa mengganggu sekskresi tinja menjadi tidak lancar karena tekanan kolon dan rektum yang membesar.
  • Hormon Progesteron. Kadar hormon progesteron yang meningkat membuat kemampuan relaksasi otot halus melambat, sehingga proses pengosongan lambung pun menjadi lambat.
  • Kurang asupan serat.
  • Kekurangan cairan atau kurang minum air putih. Tubuh perempuan memerlukan 2 liter air per hari, tetapi kebutuhan bagi ibu hamil berbeda sesuai dengan berat badannya.
  • Malas bergerak.  Malas bergerak menyebabkan alat pencernaan juga malas bekerja, sehingga bisa sembelit. Itulah mengapa ketika hamil harus rajin bergerak.
  • Kurang olahraga. Ibu hamil disarankan untuk rajin olahraga agar tidak mengalami sembelit.

Sembelit waktu hamil bisa berpengaruh buruk, di antaranya:
  • Tidak nyaman saat buang air.
  • Perut kembung dan sakit.
  • Wasir.
  • Jadi sering mengejan, sementara ibu hamil dilarang mengejan terlalu sering.
  • Otot-otot pada pembuluh darah di anus melemah.

Bagaimanakah mengatasi sembelit pada ibu hamil?
Ada beberapa cara mengobati sembelit pada ibu hamil. Ibu hamil itu dilarang minum obat sembarangan, kecuali atas resep dan petunjuk dokter. Meskipun obat pencahar atas resep dokter boleh diminum ibu hamil, tetapi ada cara alami yang bisa dilakukan untuk mengobati sembelit. Di antaranya:
  1. Minum air putih secukupnya, sesuai kebutuhan harian ibu hamil. Hal ini dilakukan agar tinja tetap lembut sehingga mudah buang air besar. Selain itu supaya zat padat bisa bergerak melewati saluran pencernaan dengan lancar.
  2. Rutin olahraga.
  3. Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Memperbanyak makanan yang berserat tinggi bisa mengurangi risiko sembelit.
  4. Menyesuaikan diri. Jangan langsung konsumsi makanan berserat tinggi terlalu banyak, jika belum terbiasa. Mulailah sedikit demi sedikit.
  5. Jangan berlebihan saat makan. Makan dalam porsi banyak bisa menyebabkan kerja pencernaan berat, sehingga susah buang air.
  6. Dapatkan bakteri. Bakteri baik bisa membantu saluran pencernaan tetap bekerja dengan baik.
  7. Rajinlah bergerak, agar sistem pencernaan tidak malas bergerak.
  8. Hindari obat pencahar stimultan.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search