Wednesday, August 28, 2019

Makanan yang Bagus bagi Ibu Hamil di Trimester pertama

Makanan yang Bagus bagi Ibu Hamil di Trimester pertama


Usia kandungan tiga bulan pertama adalah masa-masa yang rentan mengalami keguguran. Asupan makanan pun harus dijaga dengan baik. Makanan yang dikonsumsi harus yang mengandung gizi seimbang dan kaya akan nutrisi, karena akan mempengaruhi pembentukan dan perkembangan janin.

Ibu hamil tidak boleh asal makan. Sebisa mungkin makan dengan porsi yang cukup. Jika merasa mual dan tidak bisa makan dalam porsi yang banyak, bisa makan dengan porsi sedikit, tetapi sering. Konsumsi makanan yang sehat bisa menjaga ibu dan janin tetap sehat. Makanannya pun harus yang kaya nutrisi.

Pembentukan otak dimulai sejak bayi berada dalam kandungan. Oleh sebab itu, ibu hamil harus benar-benar memperhatikan asupan makanannya,agar bayi tumbuh sehat dan cerdas.


Makanan yang bagus untuk ibu hamil trimester pertama, antara lain:

1.      Makanan yang mengandung Asam Folat

Pada trimester pertama ibu hamil sangat dianjurkan konsumsi makanan yang mengandung asam folat. Asam folat ini berguna untuk mencegah bayi mengalami cacat dan menurunkan risiko keguguran. Jadi, ibu hamil jangan sampai memandang rendah asam folat. Asam folat ada pada makanan seperti kacang merah, bayam, sawi, brokoli, alpukat, strawberry, kacang kedelai.

2.      Asam Lemak Omega-3

Asam lemak Omega-3 ini juga sangat penting bagi ibu hamil, karena untuk perkembangan otak dan saraf janin dalam kandungan. Ada dalam asupan ikan berlemak, seperti tuna, salmon. Juga ada pada telur.

3.      Kalsium

Kalsium dibutuhkan ibu hamil untuk pemadatan tulang pada janin. Juga untuk pertumbuhan gigi pada bayi nantinya. Biasanya jika semasa hamil kurang kalsium, bayi akan rentan mengalami gigi karies. Kalsium ada pada susu, sayuran hijau, sarden, kacang kedelai, dan telur.

4.      Zat Besi

Zat besi ini sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah bagi ibu hamil. Supaya nanti bayinya juga tidak mengalami ADB. Zat besi ini penting untuk pembentukan dan perkembangan otak janin. Zat besi banyak terdapat pada daging merah, hati, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Selain itu biasanya akan mendapat obat penambah darah. Ketika konsumsi tambah darah, hindari konsumsi terlalu banyak susu, kopi, dan teh. Sebab, bisa menghambat penyerapan zat besi. Yang paling bagus adalah diimbangi dengan konsumsi buah yang mengandung vitamin C, karena bisa membantu menyerap zat besi dengan baik.

5.      Air putih

Minum cukup air dapat mencegah bayi lahir prematur, hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebihan, dan infeksi kandung kemih.


Selain itu ibu hamil juga harus cermat ketika mempersiapkan makanan yang akan dikonsumsi. Jika cara memasaknya benar, isnyaallah akan sehat selalu. Ibu hamil dilarang konsumsi makanan mentah ataupun setengah matang. Jadi, pastikan makanannya benar-benar matang.

Asupan nutrisi selama masa kehamilan harus benar-benar dijaga. Semua demi bayi yang dikandung, agar tumbuh menjadi generasi yang maju, sehat secara fisik dan mental. Selain itu supaya menjadi pribadi cerdas dan kreatif.


Bagaimana caranya untuk memastikan asupan nutrisi sudah tercukupi?

1.      Sarapan

Waktu makan yang sangat penting bagi ibu hamil yaitu sarapan atau makan pagi. Meskipun mual, tetap diusahakan agar sarapan.

2.      Makanan Berserat

Ibu hamil diharuskan konsumsi menu gizi seimbang empat bintang. Semua dilakukan untuk memastikan kalau bayi dalam kandungan asupan nutrisinya tercukupi.

3.      Konsumsi sumber omega-3

Omega-3 terdapat pada ikan. Omega-3 ini merupakan makanan yang bagus untuk ibu hamil dan janin. Baik untuk perkembangan otak janin.

4.      Batasi Kafein


Sebenarnya untuk kafein ini masih simpang siur. Akan tetapi, menurut para ahli sebaiknya wanita hamil jika ingin mengonsumsi kafein jangan lebih dari 200 mg per hari, kalau bisa kurang. Kafein ini bisa menghambat penyerapan zat besi.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search