Tuesday, September 10, 2019

Etoricoxib : Obat Untuk Mengurangi Nyeri Dan Bengkak Pada Sendi Dan Otot

Etoricoxib : Obat Untuk Mengurangi Nyeri Dan Bengkak Pada Sendi Dan Otot


Nyeri merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sangat umum dan pernah dirasakan oleh semua orang. Banyak sekali hal yang menyebabkan rasa nyeri seperti saat sakit gigi, sakit perut, sakit punggung, dan sebagainya. Nyeri didefinisikan sebagai suatu sensori yang tidak menyenangkan dan pengalaman emosional yang berhubungan dengan kerusakan jaringan actual atau potensial, atau digambarkan sebagai kerusakan jaringan tersebut. Rasa nyeri mendorong individu untuk menghindari berbagai hal dari situasi yang merusak, untuk melindungi tubuh ketika dalam masa penyembuhan, dan untuk menghindari pengalaman - pengalaman serupa dimasa depan. Sebagian besar nyeri dapat reda setelah stimulus berbahaya dihilangkan dan tubuh telah sembuh. Tetapi, terkadang nyeri dapat muncul meskipun tidak terdeteksi adanya stimulus, kerusakan, maupun penyakit.

Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengurangi rasa nyeri adalah etoricoxib. Etoricoxib merupakan obat yang berfungsi untuk mengurangi nyeri dan bengkak yang terjadi pada sendi dan otot penderita osteoarthritis, rematik, ankylosing spondylitis, dan asam urat. Etoricoxib juga berguna untuk pengobatan nyeri sedang setelah operasi gigi dalam jangka pendek. Etoricoxib termasuk kedalam kelompok obat penghambat COX-2 selektif, yang termasuk kedalam keluarga obat yang bernama nonsteroidal anti inflammatory drugs (NSAID). Salah satu merek obat etoricoxib yang paling umum digunakan adalah arcoxia.

Selalu gunakan etoricoxib sesuai dengan arahan dan petunjuk dokter. Anak kecil dan remaja yang berusia dibawah usia tidak boleh menggunakan obat ini. Gunakan etoricoxib secara oral sekali sehari. Obat ini dapat diminum sebelum ataupun sesudah makan. Jangan menggunakan dosis lebih dari yang ditetapkan oleh dokter anda. Penting untuk menggunakan dosis terendah yang mengontrol nyeri dan tidak boleh menggunakan etoricoxib dalam waktu lama jika tidak diperlukan. Hal ini karena risiko serangan jantung dan stroke yang mungkin meningkat, jika pengobatan diperpanjang. Etoricoxib merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis etoricoxib untuk orang dewasa
  • Dosis untuk osteoarthritis : 60 mg sekali sehari.
  • Dosis untuk gangguan hati : 60 mg sekali sehari.
  • Dosis untuk rematik : 60 mg sekali sehari.
  • Dosis untuk asam urat akut : 60 mg sekali sehari.


Dosis etoricoxib untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis etoricoxib untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak.


Efek samping

Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan etoricoxib, yaitu :
  • Sulit bernapas
  • Dada terasa sakit
  • Pergelangan kaki bangkak dan semakin memburuk
  • Kulit dan mata menguning
  • Sakit perut parah dan berkelanjutan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search