Tuesday, September 10, 2019

Ketahui Manfaat Buah Manggis Bagi Ibu Hamil

Ketahui Manfaat Buah Manggis Bagi Ibu Hamil


Jika membahas tentang ibu hamil, tentunya pembahasan kita tidak akan jauh perihal kecukupan gizi yang harus diperoleh ibu hamil. Pada masa kehamilan, ibu hamil diharuskan untuk memperbanyak mengkonsumsi buah - buahan, sayur - sayuran, multivitamin, susu, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil sangat besar, karena selain untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dirinya sendiri, ibu hamil juga harus mencukupi kebutuhan nutrisi janin yang ada didalam kandungannya. Salah satu jenis buah-  buahan yang diketahui bermanfaat bagi ibu hamil adalah buah manggis. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat buah manggis bagi kesehatan ibu hamil.

Buah manggis merupakan salah satu buah yang masuk kedalam jenis buah - buahan tropis. Buah manggis memiliki rasa yang manis dan sedikit masam ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Manfaat buah manggis bagi tubuh tidak hanya ada pada bagian daging buahnya saja, tetapi hingga kebagian kulitnya pun memiliki manfaat bagi kesehatan. Khasiat yang terdapat pada buah manggis tidak lepas dari kandungan sejumlah zat dan nutrisi yang ada didalamnya, seperti vitamin A, vitamin B 6, vitamin B 12, dan vitamin C. Selain itu, buah manggis juga diperkaya dengan kandungan zat gizi lainnya seperti kalsium, kalium, natrium, fosfor, zinc, tembaga, karbohidrat, protein, dan serat.

Tidak hanya dapat mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan, buah manggis juga diketahui bermanfaat bagi ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk memasukkan buah manggis kedalam daftar menu makanan sehat selama masa kehamilan, untuk menjaga kesehatan dirinya dan janin yang dikandungnya.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah manggis bagi ibu hamil, diantaranya :

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selama menjalani masa kehamilan, sistem kekebalan tubuh seorang wanita akan mengalami penurunan. Hal tersebut akan membuat wanita menjadi lebih rentan terserang berbagai penyakit. Penurunan sistem kekebalan tubuh ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi saat memasuki masa kehamilan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi buah manggis. Manfaat buah manggis bagi ibu hamil adalah utnuk meningkatkan sistem imun, karena dalam buah manggis, terdapat kandungan vitamin C yang bersifat antioksidan sehingga sistem imun menjadi lebih kuat dalam menangkal berbagai serangan penyakit.

2. Meredakan sembelit

Salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil adalah maslaah gangguan kesehatan yang berupa sembelit. Sembelit merupakan kondisi kesehatan ketika tubuh kesulitan untuk buang air besar. Buah manggis mengandung banyak serat, sehingga efektif untuk mencegah ataupun mengatasi sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil.

3. Mengatasi rasa lelah

Ibu hamil juga kerap mengalami rasa lelah yang berlebihan, walaupun tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat. Hal ini dikarenakan beban yang dirasakan oleh ibu hamil menjadi 2 kali lebih besar karena adanya janin didalam kandungannya, sehingga menambah beban dalam melakukan aktivitasnya. Salah satu cara untuk mengatasi lelah yang kerap terjadi pada ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi buah manggis. Hal ini dikarenakan dalam buah manggis terdapat kandungan zat anti inflamasi yang mampu mengurangi rasa lelah yang umumnya menyerang area panggul atau kaki.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh


Metabolisme tubuh yang menurun juga menjadi masalah yang sering dihadapi oleh ibu hamil. Mengkonsumsi buah manggis merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan vitamin B kompleks pada buah manggis dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Masih banyak maanfaat lain yang dapat anda peroleh dari buah manggis.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search