Wednesday, August 28, 2019

Ketahui Penyebab Puting Berdarah Pada Wanita

Ketahui Penyebab Puting Berdarah Pada Wanita


Ketika anda mengetahui bahwa puting susu anda mengeluarkan darah, tentunya hal tersebut akan membuat anda menjadi cemas dan panik. Tetapi, anda tidak perlu risau karena puting susu berdarah ternyata merupakan hal yang umum dialami oleh wanita terutama ibu menyusui. Beberapa wanita mungkin menyangka bahwa penyebab puting susunya berdarah adalah karena adanya sel kanker pada payudaranya. Padahal, hal tersebut belum tentu benar, karena faktanya 3 - 9% wanita yang didiagnosis kanker payudara yang mengalami kondisi puting susu berdarah.

Pada umumnya, puting susu berdarah sering terjadi pada ibu menyusui. Tetapi, bila anda tidak sedang dalam masa menyusui tetapi mengalami kondisi ini, anda harus menanyakan atau berkonsultasi kepada dokter anda.


Berikut ini merupakan beberapa penyebab puting susu berdarah pada wanita yang harus anda ketahui, yaitu :

1. Menyusui

Ketika seorang ibu baru saja melahirkan, beberapa hari pertama ketika payudara baru mengeluarkan ASI, puting susu anda mungkin terasa sakit dan pecah - pecah. Kondisi ini dapat membuat puting anda lecet dan mengalami luka, sehingga terjadi pendarahan disekitar puting susu. Meskipun demikian, proses menyusui seharusnya tidak menimbulkan rasa sakit dan pendarahan. Jika kondisi ini sering muncul, kemungkinan besar anak anda tidak menyusu dengan benar dan menimbulkan beebrapa gejala yang cukup menyakitkan seperti :
  • Puting terlihat datar dan putih setelah selesai menyusui.
  • Merasakan sakit selama proses menyusui.
  • Bayi masih merasa lapar walaupun sudah menyusui.
  • Bagian bawah puting tidak tertutupi dengan benar oleh mulut bayi.

2, Mastitis

Mastitis merupakan infeksi yang terjadi pada salah satu atau kedua payudara yang dapat disebabkan oleh bakteri yang ada pada mulut bayi. Kondisi ini dapat menyebabkan anda merasakan sakit selama proses menyusui. Salah satu gejala mastitis adalah puting lecet yang dapat mengakibatkan adanya pendarahan. Dari putign yang lecet tadi, bakteri masuk dan menyebabkan infeksi. Bila anda mengalami beberapa gejala dibawah ini, segera periksakan diri kedokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, yaitu :
  • Nyeri pada payudara.
  • Payudara membengkak.
  • Demam.
  • Merasa sakit seperti terbakar pada saat menyusui.
  • Payudara terlihat memerah.

3. Papiloma intraduktal

Papiloma intraduktal merupakan sebuah kondisi ketika terdapat tumor jinak pada payudara anda. Tumor inilah yang menjadi penyebab puting anda berdarah walaupun tidak sedang menyusui. Jaringan yang tumbuh pada saluran payudara anda berukuran kecil, terlihat seperti kutil, dan biasanya terletak dibelakang atau samping puting payudara anda. Oleh karena itu, puting anda bisa mengeluarkan darah dan cairan bening.


4. Penyebab puting berdarah lainnya

Selain berbagai kondisi yang secara langsung mempengaruhi puting payudara anda, ternyata ada beberapa penyebab yang dapat membuat puting anda berdarah, yaitu :
  • Penggunaan pil KB.
  • Trauma atau cedera pada payudara.
  • Penggunaan obat - obatan tertentu.
  • Perubahan siklus menstruasi.
  • Stimulasi payudara yang berlebihan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search