Tuesday, August 13, 2019

Ketahui Tips Untuk Mencegah Dan Mengatasi Penyakit PCOS

Ketahui Tips Untuk Mencegah Dan Mengatasi Penyakit PCOS


Apakah anda pernah mendengar atau mengetahui penyakit PCOS ? Mungkin bagi sebagian orang nama PCOS masih sangat asing ditelinga. PCOS merupakan kependekan dari polycystik ovary syndrome atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan sindrom ovarium polikistik. Sindrom ovarium polikistik merupakan sebuah penyakit yang berhubungan dengan hormone yang biasanya terjadi pada wanita usia subur. Pada kasus PCOS, kadar hormone seks wanita yaitu estrogen dan hormone progesterone tidak seimbang. Wanita yang menderita PCOS biasanya memiliki kista kecil di ovariumnya, yang membuat ovarium membesar.Walaupun kista ini tidak berbahaya, tetapi kista ini dapat menyebabkan terjadinya ketidak seimbangan hormone.

Karena memiliki ketidak seimbangan hormone, wanita penderita PCOS dapat mengalami periode menstruasi yang tidak teratur. Ketidak teraturan periode menstruasi inilah yang dapat menyebabkan wanita dengan PCOS sulit untuk hamil. Selain dapat menyebabkan tidak teraturnya periode menstruasi, PCOS juga dapat menyebabkan pertumbuhan rambut berlebih, jerawat, obesitas. Jika kondisi ini tidak segera diobati, lama kelaman PCOS akan berkembang dan dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius seperti diabetes mellitus tipe 2, dan penyakit jantung. Hingga saat ini, belum diketahui pengobatan yang tepat untuk mengatasi penyakit PCOS, tetapi anda dapat mencegah penyakit ini sebelum terjadi.


Berikut ini merupakan beberapa upaya yang dapat anda lakukan untuk mencegah dan mengobati PCOS, yaitu :

1. Ubah gaya hidup

Pada umumnya, dokter akan menyarankan anda untuk mengubah kebiasaan sehari - hari. Perubahan tersebut biasanya akan difokuskan pada pola makan yang lebih sehat untuk menjaga berat badan tetap ideal. Pengidap PCOS dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan berlemak dan tinggi gula. Sebaiknya, perbanyaklah konsumsi makanan berserat, karena makanan ini dapat meningkatkan kadar gula secara perlahan. Selain merubah pola makan, berolahraga secara rutin juga perlu dilakukan utnuk mengontrol kadar gula darah dan insulin di dalam tubuh.

2. Menggunakan alat kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi merupakan metode pengobatan paling umum untuk wanita pengidap PCOS yang tidak ingin hamil. Anda dapat memilih alat kontrasepsi baik berupa pil KB, cincin vagina, suntikan, atau IUD. Obat hormonal juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi PCOS. Salah satu obat hormonal yang sering digunakan adalah hormone progestin yang berfungsi untuk membantu melancarkan siklus haid dan menurunkan risiko kanker rahim.

3. Konsumsi obat metformin


Obat metformin yang biasanya digunakan sebagai obat diabetes juga dapat diresepkan untuk pasien penderita PCOS. Obat ini secara spesifik bekerja untuk mengurangi resistensi insulin dan masalah kesuburan akibat PCOS. Metformin bekerja melalui tiga cara, yaitu menekan produksi glukosa dalam hati, mengurangi penyerapan karbohidrat yang dikonsumsi, serta meningkatkan sensitivitas hati, otot, lemak, dan sel - sel terhadap insulin yang dibuat oleh tubuh. Konsumsi metformin juga membantu meningkatkan ovulasi, melancarkan siklus menstruasi, mengurangi gejala hirsutisme, menurunkan berat badan, serta mengurangi risiko diabetes gestasional yang rentan dialami wanita pengidap PCOS.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search