Wednesday, September 25, 2019

9 Makanan Anti Mual Saat Hamil

9 Makanan Anti Mual Saat Hamil



Masa kehamilan merupakan saat membahagiakan untuk seorang ibu karena akan bersiap menyabut hadirnya Sang Buah Hati ke dunia. Apapun pasti akan dipersiapkan untuk menyambut hari bahagia itu, mulai dari perlengkapan, pakaian, sampai kamar tidur untuk Sang bayi. Selain persiapan materi, tentunya persiapan fisik juga harus dilakukan lho! Salah satunya adalah dengan cara menjaga pola makan, agar asupan untuk janin terpenuhi dengan sempurna.

Menjaga asupan gizi untuk dua orang di awal masa kehamilan memang sulit, apalagi rasa mual kerap kali muncul.


Tapi jangan khawatir, berikut ini adalah referensi makanan yang dapat memenuhi asupan gizi pada masa awal kehamilan tanpa rasa mual : 

1. Biskuit Crackers

Mengonsumsi biskuit pada masa kehamilan sangat membantu untuk mengisi perut tanpa rasa mual. Kandungan tepung dan kalsium di dalamnya membantu menyerap asam lambung sehingga dapat meredakan rasa mual dan membuat perut terasa lega.

2. Yoghurt

Sama halnya dengan biskuit crackers, perpaduan rasa manis dan asam yoghurt dapat menetralisir rasa mual yang dialami. Selain meredakan mual, yoghurt juga berguna untuk membersihkan saluran pencernaan melalui bakteri baik yang ada di dalamnya. Namun perlu diperhatikan, usahakan memilih yoghurt yang tidak terlalu asam ataupun terlalu manis.

3. Timun

Konsumsi timun bagi ibu hamil dapat mengurangi rasa mual yang disebabkan oleh gula darah rendah. Timun dapat mengatur kadar gula darah, sehingga dapat mengurangi rasa mual yang terasa. Selain itu, vitamin B dalam timun juga mampu mengubah mood menjadi lebih happy.

4. Jahe

Air jahe dapat mengurangi rasa mual saat hamil karena memang kandungannya sebagai rempah tradisional yang mampu meredakan mual dan perut kembung. Disamping itu, mengonsumsi air jahe secara rutin dapat menjaga daya tahan tubuh.

5. Pisang

Pisang dapat menjadi alternatif asupan bagi ibu hamil yang mual saat mengonsumsi makanan, di dalamnya terkadung potasium, karbohidrat, dan gula alami yang dapat memberikan energi meskipun tidak ada makanan lain yang masuk ke dalam perut.

6. Kacang Almond

Kacang-kacangan dipercaya memiliki khasiat yang bisa membangkitkan hormon endorfin yang membuat perasaan menjadi tenang dan tidak stress, kacang almond baik dikonsumsi selama masa kehamilan karena disamping penghilang stress, kacang jenis ini juga mampu menghilangkan mual, waktu yang disarankan untuk mengonsumsi kacang almond adalah pada pagi hari.

7. Gandum

Mengkonsumsi gandum selama masa kehamilan sangat banyak manfaatnya, lho. Diantaranya adalah sebagai sumber serat yang dapat melancarkan pencernaan selain itu kandungan serat kompleks dalam gandum juga dapat menjaga berat badan ideal sehingga proses persalinan akan berjalan lancar nantinya.

8. Daging

Makanan olahan daging dapat menambah nafsu makan, tapi pilihlah bagian daging yang empuk dan lembut sehingga tidak memicu rasa mual, bisa juga ditambahkan saus agar lebih menambah nafsu makan. Disarankan banyak mengonsumsi daging agar kebutuhan protein terpenuhi.

9.Es Krim Buah


Saat ini es krim buah atau gelato sangat mudah didapatkan di sekitar kita. Rasa segar dari es krim dapat mengalihkan otak kita dari rasa mual. Kandungan vitamin alami dari es krim buah juga dapat membantu memenuhi asupan yang dibutuhkan oleh tubuh.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search