Tuesday, September 10, 2019

Ketahui Buah Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Ketahui Buah Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil


Buah - buahan merupakan salah satu sumber vitamin utama bagi manusia. Banyak sekali vitamin dan mineral yang terkandung didalam buah - buahan, yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Mengkonsumsi buah - buahan secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang terhadap penyakit, karena beberapa jenis buah - buahan diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Mengkonsumsi buah - buahan sangat dianjurkan untuk segala usia, tidak terkecuali oleh ibu hamil. Ibu hamil juga dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis buah - buahan untuk memenuhi kebutuhan gizi baik bagi dirinya maupun janin yang ada didalam kandunganya.

Meskipun demikian, ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi buah - buahan secara sembarangan. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis buah yang dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan ibu hamil jika dikonsumsi. Makanan yang dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil, biasanya dapat menyebabkan keguguran apabila dikonsumsi, termasuk buah - buahan.


Berikut ini merupakan beberapa jenis buah - buahan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, yaitu :

1. Nanas

Buah pertama yang masuk dalam daftar buah terlarang bagi ibu hamil adalah buah nanas. Buah ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil terutama ketika memasuki trimester pertama kehamilan. Hal ini dikarenakan buah nanas memiliki kandungan bromealin yang cukup tinggi. Bromealin adalah zat yang dapat merangsang terjadinya kontraksi pada ibu hamil. Jika hal ini terjadi pada trimester pertama, hal ini tentunya sangat membahayakan karena dapat menyebabkan bayi lahir sebelum waktunya atau keguguran.

2. Asam

Buah asam memang jarang dikonsumsi secara langsung dan biasanya buah asam lebih sering dicampur kedalam makanan maupun minuman. Meskipun buah asam memiliki manfaat dapat meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi jika dikonsumsi oleh ibu hamil justru dapat memberikan efek negatif. Kandungan vitamin C yang terlalu tinggi yang terdapat didalam buah asam diketahui dapat menekan hormon progesteron didalam tubuh. Hal ini dapat meningkatkan peluang terjadinya keguguran atau kerusakan sel janin yang cukup tinggi.

3. Pepaya

Buah papaya diketahui memiliki manfaat dapat meredakan sembelit atau susah buang air besar. Namun, apabila dikonsusmsi secara berlebihan oleh wanita hamil dapat menyebabkan masalah besar seperti kenaikan suhu tubuh dan masuknya getah atau lateks. Getah yang terdapat pada papaya ternyata dapat menyebabkan rahim mengalami pendarahan.

4. Anggur


Buah anggur sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil apapun jenisnya, baik anggur merah, hijau, maupun yang telah diolah menjadi wine. Hal ini dikarenakan buah anggur dapat menyebabkan gangguan pada tubuh ibu hamil, khususnya saluran pencernaan. Beberapa jenis anggur yang sangat asam bahkan dapat memicu kondisi diare dan morning sickness pada wanita yang baru memasuki kehamilan trimester pertama.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search