Tuesday, September 10, 2019

Ketahui Manfaat Berenang Saat Hamil

Ketahui Manfaat Berenang Saat Hamil


Olahraga merupakan suatu kegiatan yang sangat baik dilakukan oleh semua orang, tidak terkecuali oleh ibu hamil. Ibu hamil juga dianjurkan untuk rutin melakukan olahraga. Hal ini bertujuan untuk memperkuat kandungan dan menjaga kesehatan tubuhnya. Olahraga saat hamil juga dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi kehamilan, seperti diabetes gentasional dan preeclampsia. Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang minim risiko  dan tidak memberikan tekanan yang besar pada tubuh, terutama pada sendi lutut, pinggul, dan pergelangan kaki.

Selain itu, masih banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh ibu hamil yang melakukan olahraga berenang, diantaranya :
  • Meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen. Hal ini tentunya sangat baik untuk ibu maupun janin yang ada didalam kandungan.
  • Melatih tubuh agar tidak mudah lelah dan membantu agar dapat tidur lebih nyenyak.
  • Meningkatkan peredaran darah, memperbaiki kondisi otot, dan meningkatkan ketahanan tubuh serta stamina yang diperlukan selama hamil dan ketika persalinan.
  • Dapat mengatasi terjadinya mual dan muntah.
  • Memperbaiki postur tubuh ibu sehingga tidak mudah mengalami pembengkakan, sakit punggung, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa berenang dapat mencegah bayi terlahir dengan kondisi sungsang. Seiring dengan perkembangan janin dalam kandungan, maka olahraga renang yang dilakukan pun harus disesuaikan dengan perubahan tubuh selama masa kehamilan. 


Berikut ini merupakan beberapa panduan olahraga renang berdasarkan usia kehamilan, yaitu :

Trimester pertama

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya berenang dilakukan selama 20 menit setiap 2 hari sekali. Jika olahraga berenang sudah menjadi rutinitas bagi ibu sebelum hamil, maka olahraga ini boleh dilakukan selama 30 menit setiap hari. Berenang di pagi hari tidak hanya dapat mengatasi morning sickness tetapi juga dapat meningkatkan energi ibu sepanjang hari.

Trimester kedua

Usia kehamilan yang terus bertambah membuat perut semakin membesar. Bila baju renang yang lama dirasa sudah cukup sempit, maka disarankan untuk membeli baju renang yang dirancang khusus untuk ibu hamil.

Trimester ketiga

Pada trimester ketiga kehamilan, bentuk tubuh ibu semakin berubah sehingga gerakan semakin terbatas dan ibu menjadi lebih mudah lelah dan merasa kepanasan. Gaya katak merapakan gaya berenang yang paling baik dilakukan karena dapat melatih otot dada dan otot punggung sehingga ibu hamil tidak mudah mengalami sakit punggung. Gaya renang lain yang cocok untuk ibu hamil adalah gaya punggung. Pada trimester ketiga kehamilan, ibu hamil memang tidak disarankan untuk tidur telentang. Tetapi, saat berenang, air dapat mengurangi beban gravitasi yang diterima tubuh, sehingga  ibu hamil tidak perlu khawatir jika berenang dalam posisi telentang.


Jika anda mengalami beberapa hal berikut ini ketika berenang, sebaiknya segera hentikan aktivitas tersebut. Beberapa gejala yang patut anda waspadai ketika berenang saat hamil yaitu :
  • Sulit bernapas.
  • Kepala nyeri.
  • Detak jantung terasa sangat kencang dan tidak teratur.
  • Kontraksi rahim.
  • Nyeri perut.
  • Pendarahan pada vagina.
  • Dehidrasi.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search