Tuesday, September 10, 2019

Ketahui Berbagai Penyebab Keguguran Pada Wanita

Ketahui Berbagai Penyebab Keguguran Pada Wanita


Keguguran adalah sebuah kondisi hilangnya kehamilan pada 20 minggu pertama. Keguguran pertama kali terjadi ditandai dengan keluarnya darah dari vagina, yang akan diikuti dengan kram dan sakit pada area perut bagian bawah. Jika ibu hamil mengalami pendarahan yang terjadi secara tiba - tiba pada vagina, sangat dianjurkan untuk segera menghubungi dokter atau bidan. Keguguran biasanya terjadi sebelum minggu ke 20 kehamilan.


Berikut ini merupakan beberapa tanda dari keguguran, yaitu :
  • Pendarahan pada vagina.
  • Sakit dan kram pada daerah perut atau panggul.
  • Keluarnya cairan, jaringan, atau janin dari dalam vagina.


Penyebab keguguran sendiri terbagi atas dua faktor, yaitu :

Faktor janin

Sebanyak 60% sampai 70% kasus keguguran disebabkan karena adanya kelainan pada janin atau embrio. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya kelainan kromosom pada janin sehingga janin rentan mengalami keguguran. Seringkali kelainan yang terjadi pada janin menandakan bahwa kualitas Janin yang ada didalam kandungan tidak baik. Bila kualitas janinnya saja sudah tidak baik, jika dipaksakan lahir pun akan terlahir bayi yang cacat dan akan meninggal sesaat setelah dilahirkan. Jadi, pemberian obat penguat kandungan dan istirahat total pun tidak bisa mencegah keguguran jika masalahnya berasal dari janin itu sendiri.

Faktor kesehatan ibu hamil

Sekitar 30% - 40% penyebab keguguran lainnya berasal dari kondisi kesehatan ibu hamil. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, contohnya ibu memiliki kelainan bentuk rahim, gangguan pembekuan darah, trauma, dan sebagainya. Usia saat ibu mengandung pun dapat menjadi salah satu faktor penyebab keguguran. Usia ibu yang terlalu muda atau terlalu tua adalah 2 penyebab utama keguguran yang sering terjadi terutama pada ibu yang mengalami kehamilan pada usia 40 tahun. Penyebab keguguran lainnya adalah penyakit yang dialami oleh ibu hamil seperti diabetes dan obesitas. Wanita yang menderita obesitas ataupun yang memiliki penyakit diabetes memiliki risiko lebih tinggi mengalami keguguran saat hamil daripada wanita normal.


Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan wanita menjadi rentan mengalami keguguran, yaitu :
  • Wanita yang berusia diatas 35 tahun memiliki risiko lebih tinggi mengalami keguguran jika dibandingkan dengan wanita yang berusia lebih muda. Saat usia 35 tahun, wanita memiliki risiko keguguran sebesar 20%, dan risiko ini meningkat menjadi 40% ketika wanita berusia 40 tahun, dan meningkat lagi menjadi 80% ketika wanita mengandung pada usia 45 tahun.
  • Riwayat keguguran sebelumnya. Wanita yang pernah mengalami keguguran baisanya memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami keguguran kembali.
  • Masalah uterus (rahim), serviks, atau vagina. Beberapa ketidak normalan seperti mulut rahim atau serviks yang lemah, dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran.
  • Merokok, mengkonsumsi alkohol dan obat - obatan terlarang. Wanita yang merokok ketika tengah mengandung, memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami keguguran jika dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok. Penggunaan alkohol dan obat - obatan terlarang pada ibu hamil juga dapat meningkatkan risiko keguguran.

Untuk perawatan keguguran, dokter biasanya akan merekomendasikan istirahat sampai pendarahan dan nyeri mereda. Wanita yang mengalami keguguran akan diminta untuk menghentikan aktivitas atau menunda melakukan hubungan seksual. 


Berikut ini merupakan beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya keguguran, yaitu :
  • Melakukan perawatan prenatal secara teratur.
  • Menghindari faktor penyebab keguguran seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, dan penggunaan obat - obatan terlarang.
  • Minum multivitamin.
  • Membatasi konsumsi kafein.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search