Tuesday, September 10, 2019

Calcipotriol : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Psoriasis

Calcipotriol : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Psoriasis


Penyakit kulit merupakan penyakit yang umum dijumpai pada masyarakat. Penyakit kulit dapat disebabkan oleh banyak hal seperti jamur, bakteri, virus, maupun autoimun. Penyakit kulit pun ada yang bersifat ringan hingga kronis. Salah satu penyakit kulit yang bersifat kronis adalah psoriasis. Psoriasis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan kronis pada kulit yang disebabkan oleh autoimun. Autoimun sendiri merupakan suatu kondisi yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Psoriasis merupakan penyakit kulit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel kulit baru yang terlalu cepat. Akibatnya, sel kulit baru akan terus menumpuk di permukaan hingga membentuk bercak merah, tebal, dan berisisik.

Penyakit psoriasis biasanya terjadi pada orang dewasa. Baik pria maupun wanita memiliki peluang yang sama terkena penyakit psoriasis. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit psoriasis adalah calcipotriol. Calcipotriol merupakan bentuk vitamin D yang bekerja untuk memperlambat pertumbuhan sel kulit. Obat ini hanya dapat diaplikasikan pada kulit. Gunakan obat ini sesuai dengan anjuran dokter dan hanya gunakan pada area yang mengalami masalah. Hindari kontak dengan mata, wajah, hidung, mulut, atau didalam vagina. Calcipotriol merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan meletakkannya pada tempat yang lembab.



Dosis calcipotriol untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk psoriasis plak :
  • Krim : Aplikasikan secara tipis di area yang terinfeksi dua kali sehari.
  • Salep : Aplikasikan secara tipis di area yang terinfeksi 1 - 2 kali sehari.

Psoriasis plak pada kulit kepala dan badan :
  • Foam : Aplikasikan secara tipis pada area yang terinfeksi sebanyak 2 kali sehari.

Psoriasis kronis pada kulit kepala :
  • Obat cair : Setelah menyisir rambut untuk menghilangkan kulit kepala yang bersisik dan membelah rambut, bubuhkan langsung pada luka 2 kali sehari. Jagalah agar cairan tidak menetes hingga ke dahi anda.


Dosis calcipotriol untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis calcipotriol untuk anak - anak. Obat ini hanya diperuntukkan penggunaannya untuk orang dewasa.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, calcipotriol juga memiliki efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat calcipotriol, yaitu :
  • Kulit memerah.
  • Kulit kering atau terkelupas.
  • Terjadi ruam atau gatal pada kulit.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search