Tuesday, September 24, 2019

Ketahui Cara Meningkatkan Produksi ASI Secara Alami

Ketahui Cara Meningkatkan Produksi ASI Secara Alami


ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Tidak ada makanan atau minuman yang lebih baik kandungan gizinya dibandingkan ASI. ASI sangat dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan. Namun, ternyata tidak sedikit ibu menyusui yang merasa cemas mengenai kecukupan ASI untuk bayinya. Setiap ibu menyusui tentunya ingin memberikan ASI yang cukup untuk bayinya. Padahal, produksi ASI dari masing - masing ibu sebenarnya selalu dapat mencukupi kebutuhan bayinya. Hanya saja, jumlah ASI yang dihasilkan setiap ibu bisa berbeda - beda. Hal inilah yang membuat ibu menyusui memiliki keinginan untuk meningkatkan produksi ASI-nya.

Penting untuk anda perhatikan bahwa jika anda merasa ada yang berbeda dengan payudara, perilaku bayi, frekuensi menyusu, maupun jumlah ASI yang keluar saat dipompa, bukanlah Patokan pasti dalam menentukan kecukupan produksi ASI. Ada berbagai macam hal yang dapat menyebabkan bayi menangis, rewel, atau terlihat tidak nyaman saat menyusu. Tetapi, hal tersebut bukan berarti bahwa persedian ASI anda kurang, tetapi dapat disebabkan oleh hal lain. Bagi anda yang ingin memastikan persediaan ASI untuk bayi senantiasa terpenuhi, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan produksi asi.


Berikut ini merupakan beberapa upaya yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan produksi ASI secara alami, yaitu :

1. Lebih sering menyusui

Meskipun anda merasa bahwa produksi ASI anda tidak terlalu melimpah, tetapi anda jangan pernah berhenti untuk selalu menyusui bayi anda. Semakin sering anda menyusui, akan semakin bayak pula pasokan ASI yang tersedia didalam payudara anda. Proses ini biasa dikenal dengan nama let down reflex, yang membantu merangsang kontraksi pada otot - otot payudara. Hal ini dapat membuat ASI anda mengalir dengan lancar. Dengan begitu, seiring dengan banyaknya ASI yang dikeluarkan maka secara otomatis payudara juga akan memproduksi ASI lebih banyak lagi.

2. Menciptakan lingkungan yang nyaman selama menyusui

Sebisa mungkin hindari cemas, stress, bahkan depresi selama masa menyusui. Beberapa hal tersebut diketahui justru dapat mempengaruhi produksi ASI anda. Oleh karena itu, usahakan untuk menciptakan lingkungan yang tenang, nyaman, dan santai saat menyusui.

3. Rutin memompa ASI

Ketika bayi tidak sedang menyusu maupun sudah kenyang tetapi payudara anda masih terasa kencang, anda dapat mengeluarkan ASI anda dengan cara di pompa. Rasa kencang pada ASI biasanya dikarenakan stok ASI pada payudara anda belum sepenuhnya habis. Anda dapat memompa ASI anda baik dengan pompa elektrik maupun dengan pompa manual. Sama seperti pembahasan sebelumnya, semakin banyak anda mengeluarkan ASI, maka akan semakin banyak pula anda akan memproduksi ASI.

4. Cukupi kebutuhan gizi anda dengan baik


Zat gizi bisa anda peroleh dari berbagai sumber makanan harian yang biasa anda konsumsi. Bukan hanya baik bagi kesehatan anda, memastikan kebutuhan gizi dengan baik juga dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan produksi ASI. Anda dapat mengkonsumsi buah - buahan, sayuran, dan mengkonsumsi berbagai multivitamin untuk meningkatkan produksi ASI. Tidak kalah penting juga anda harus selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh anda, setidaknya 8 gelas per hari.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search