Wednesday, September 11, 2019

Irinotecan : Obat Kemoterapi Untuk Mengatasi Kanker Rektum Dan Usus Besar

Irinotecan : Obat Kemoterapi Untuk Mengatasi Kanker Rektum Dan Usus Besar


Kemoterapi adalah metode pengobatan penyakit menggunakan obat - obatan. Jadi, pada metode kemoterapi pengobatan berfokus untuk membunuh sel kanker dengan menggunakan bahan kimia dalam bentuk obat - obatan tersebut. Kemoterapi bekerja dengan cara menargetkan sel - sel yang tumbuh dan membelah dengan kecepatan abnormal, termasuk sel kanker. Tidak seperti operasi atau terapi radiasi, pengobatan dengan metode kemoterapi tidak menargetkan suatu area secara spesifik, sehingga dapat berefek pada seluruh tubuh. Karena itulah hasilnya juga akan efektif pada sel kanker yang telah menyebar pada bagian tubuh lain. Dampak negatif dari pengobatan dengan metode kemoterapi adalah dapat mempengaruhi kesehatan bagian tubuh lain secara cepat seperti sel kulit, rambut, usus, dan sel sumsum.

Salah satu jenis obat kemoterapi yang sering digunakan adalah irinotecan. Irinotecan merupakan obat kemoterapi yang digunakan untuk mengobati kanker usus besar dan rektum. Obat ini termasuk kedalam golongan obat kemoterapi kanker sitotoksik, khususnya dikenal sebagai topoisomerase I inhibitor. Irinotecan akan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati jenis kanker lain, yaitu kanker paru - paru dan kanker tulang. Irinotecan merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis irinotecan untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk kanker kolorektal :
  • Baik obat tunggal maupun sebagai kombinasi dengan fluorouracil dan leucovorin : Injeksi intravena solusi 125 mg/m2 selama lebih dari 90 menit seminggu sekali untuk 4 kali dosis.
  • Obat tunggal : Injeksi intravena solusi 350 mg/m2 selama lebih dari 90 menit setiap 3 minggu.
  • Kombinasi dengan fluorouracil dan leucovorin : Injeksi intravena solusi 180 mg/m2 selama lebih dari 90 menit setiap minggu untuk 3 kali dosis.


Dosis irinotecan untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis irinotecan untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainya, irinotecan juga memiliki efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat merasakan atau mengalami efek samping akibat dari penggunaan obat irinotecan. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat irinotecan, yaitu :
  • Pusing.
  • Rambut rontok.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Sembelit.
  • Ruam kulit ringan.
  • Kemerahan atau pengelupasan kulit pada tangan dan kaki.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search