Wednesday, September 11, 2019

Ketahui Manfaat Buah Tomat Untuk Ibu Hamil

Ketahui Manfaat Buah Tomat Untuk Ibu Hamil


Tomat merupakan salah satu jenis buah atau sayur yang sudah sangat familiar dan sering dijumpai di pasar serta mudah didapatkan. Selain karena harganya yang murah, buah tomat juga sering diolah menjadi sayur, sambal, saus, jus, dan sebagainya. Hingga saat ini masih belum jelas apakah tomat termasuk sayur atau buah, tetapi yang harus anda ketahui adalah tomat mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat tomat bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Selain sebagai sumber vitamin C, buah tomat juga dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta dapat bermanfaat untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah tomat untuk ibu hamil yang harus anda ketahui, yaitu :

1. Memiliki beragam nutrisi penting

Buah tomat merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C selain jeruk. Dalam 100 gram tomat, terdapat kandungan vitamin C sebanyak 34 miligram. Semakin banyak jumlah vitamin C yang ada didalam tubuh, maka semakin lancar penyerapan zat besi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Jumlah vitamin C yang tinggi juga membantu pembentukan kulit, gigi, tulang, serta gusi bayi. Bukan hanya itu, dalam buah tomat juga terdapat 1,3 gram protein, 4,7 gram karbohidrat, 0,5 gram lemak, 0,6 mg zat besi, 8 mg kalsium, 77 mg fosfor, dan 2.083 mcg karoten.

2. Melancarkan pencernaan

Seperti buah - buahan lain, buah tomat juga mengandung banyak serat sehingga dapat membantu dalam melancarkan pencernaan. Terdapat sekitar 1,5 gram serat dalam setiap 100 gram buah tomat. Jumlah serat yang tidak sedikit ini dapat membantu mendorong gerak peristaltik otot - otot pencernaan, memberikan cukup cairan untuk pencernaan makanan, hingga melancarkan pembuangan sisa makanan atau feses sampai keluar dari tubuh.

3. Sumber antioksidan

Buah tomat mengandung likopen dalam jumlah yang cukup tinggi. Likopen merupakan salah satu zat antioksidan yang dapat membantu menangkal serangan radikal bebas penyebab kanker seperti kanker serviks, kanker prostat, kanker lambung, kanker kerongkongan, dan sebagainya.

4. Membentuk plasenta dan sel darah merah

Salah satu manfaat buah tomat adalah kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi. Jika ibu hamil mengkonsumsi buah tomat, kandungan vitamin C yang ada didalam buah tomat akan memperlancar penyerapan zat besi dan akan memperlancar aliran sel darah merah ke janin untuk membentuk plasenta.

5. Mencegah masalah kehamilan


Preeklampsia atau keracunan kehamilan adalah komplikasi kehamilan yang sering dialami oleh ibu hamil. Adanya gangguan pada perkembangan plasenta serta peningkatan tekanan darah dicurigai sebagai penyebab dari preeklampsia. Menariknya, buah tomat mengandung kalium sebesar 164,9 mg utnuk setiap 100 gramnya, dipercaya dapat meningkatkan aliran darah sekaligus dapat menurunkan tekanan pada jantung. Alhasil, tekanan darah pun bisa lebih stabil. Tomat juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya cacat tabung syaraf dan cacat sumsum tulang belakang pada bayi yang baru lahir.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search