Tuesday, September 24, 2019

Ketahui Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Ketahui Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes


Diabetes atau lebih dikenal dengan diabetes mellitus merupakan penyakit autoimun kronis yang disebabkan oleh gangguan pengaturan gula darah. Hal itulah yang membuat penyakit diabetes juga disebut sebagai penyakit gula atau penyakit kencing manis. Gangguan gula darah dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya produksi insulin pada pankreas, kurangnya respon tubuh terhadap insulin, serta adanya pengaruh hormon lain yang menghambat kinerja insulin. Jika penyakit diabetes tidak diobati dengan perawatan yang tepat, penyakit ini dapat menyebabkan terjadinya berbagai komplikasi yang sangat berbahaya bahkan dapat mengancam nyawa penderitanya.

Berdasakan penyebabnya, penyakit diabetes dibagi kedalam beberapa jenis, yaitu :

1. Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 merupakan gangguan autoimun yang menyebabkan sistem pertahanan tubuh menyerang dan merusak sel - sel yang memproduksi insulin, sehingga pankreas tidak dapat memproduksi hormon tersebut. Hal ini tentunya akan menyebabkan tubuh menjadi kekurangan insulin dan meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Kondisi ini umumnya menyerang pasien yang berusia dibawah 40 tahun, terutama pada masa remaja. Biasanya gejala penyakit ini lebih cepat terdeteksi pada usia yang lebih muda, terutama pada masa kanak - kanak dan remaja.

2. Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan tipe diabetes atau penyakit gula yang paling banyak terjadi. Angkanya mencapai 90 - 95% dari seluruh kasus diabetes yang terjadi di dunia. Kondisi ini disebut dengan adult onset diabetes karena lebih sering terjadi pada orang dewasa. Tidak seperti diabetes tipe 1, penderita diabetes tipe 2 tetap bisa memproduksi insulin tetapi tidak mencukupi. Para ahli percaya bahwa penyebab penyakit diabetes tipe 2 merupakan kombinasi dari faktor genetik dan lingkungan yang saling berperan dalam memicu penyakit gula ini.

3. Diabetes gestasional

Diabetes gestasional adalah penyakit kencing manis yang hanya terjadi pada wanita hamil. Penyakit ini dapat menyebabkan terjadinya masalah pada ibu dan janin yang ada didalam kandungannya. Jika ditangani dengan cepat dan baik, kondisi ini dapat sembuh total setelah melahirkan.

4. Diabetes insipidus

Diabetes insipidus merupakan kondisi berbeda dari semua jenis diabetes yang disebabkan oleh ketidak mampuan ginjal untuk menyimpan air. Penyakit ini biasanya disebabkan karena faktor genetik, operasi, efek dari obat - obatan, kekurangan gizi, maupun penyakit lainnya. Kondisi ini jarang terjadi dan dapat diobati.



Setelah kita mengetahui berbagai jenis penyakit diabetes, kita juga harus mengetahui berbagai macam makanan sehat yang harus dikonsumsi oleh para penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula dalam darahnya, agar selalu berada dalam batas normal.


Berikut ini merupakan beberapa makanan sehat yang harus dikonsumsi oleh penderita diabetes, yaitu :

1. Sayuran yang berwarna hijau gelap

Beberapa sayuran yang termasuk dalam kategori ini seperti bayam, sawi, brokoli, dan kangkung ternyata kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Sayuran - sayuran ini mengandung vitamin A, C, E, K, zat besi, kalsium, dan kalium yang mampu mencukupi kebutuhan vitamin serta mineral harian para penderita diabetes.

2. Ikan yang mengandung omega 3

Omega 3 merupakan salah satu zat gizi yang dapa tmembantu mengendalikan tekanan darah pada penderita diabetes. Selain itu, asam lemak omega 3 juga dapat membantu mengurangi munculnya komplikasi akibat diabetes seperti penyakit jantung, peradangan, dan hipertensi.

3. Tomat


Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tahun 2011, telah ditemukan fakta bahwa mengkonsumsi 200 gram tomat mentah setiap hari ternyata bisa mengurangi tekanan darah pada penderita diabetes tipe 2. Peneliti menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi tomat dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular. Pasalnya, penyakit kardiovaskular termasuk salah satu komplikasi penyakit yang rentan menyerang para penderita diabetes.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search