Wednesday, September 25, 2019

Ketahui Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan


Asam jawa merupakan sejenis buah yang memiliki rasa masam. Buah ini biasanya digunakan sebagai bahan campuran bumbu dalam banyak masakan Indonesia yang berfungsi sebagai penambah rasa asam. Sebagai salah satu rempah pilihan yang paling sering digunakan dalam masakan, ternyata asam jawa juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Buah asam jawa juga banyak diolah menjadi jamu maupun diolah menjadi permen. Asam jawa merupakan buah yang memiliki kombinasi rasa manis dan asam serta sering digunakan sebagai pengobatan alternatif diberbagai belahan dunia. Kandungan polifenol yang dimiliki asam jawa ternyata dapat mengatasi beberapa jenis penyakit.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat asam jawa bagi kesehatan, yaitu :

1. Memperlancar sistem pencernaan

Asam jawa atau biasa dikenal dengan tamarin dipercaya dapat menjadi obat pencahar alami karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Asam jawa mengandung 6 gram serat yang tidak larut, sehingga membuat feses anda menjadi lebih mudah ketika melewati usus. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa terdapat kandungan kalium didalam buah asam jawa, sehingga membuat buah ini efektif jika digunakan sebagai obat pencahar alami. Selain itu ditemukan pula anak - anak di Negara - Negara yang ada dibenua afrika menggunakan asam jawa sebagai bagian dari sarapan untuk mengatasi sembelit. Biasanya, mereka mencampur buah asam yang belum matang dengan jus jeruk nipis atau madu.

2. Menjaga kesehatan jantung

Seperti yang telah kita ketahui bahwa asam jawa mengandung polifenol yang bersifat antioksidan bagi tubuh. Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah penelitian yang melibatkan binatang percobaan untuk meneliti efek ekstrak tamarin terhadap hewan yang mempunyai kolestrol tinggi. Uji coba tersebut menunjukkan adanya penurunan kadar kolestrol jahat (LDL), kolestrol total, dan trigliserida. Ekstrak asam jawa yang diberikan kepada hewan tersebut tenyata dapat menyerap dan membantu membersihkan LDL dari jaringan saraf.

3. Mengendalikan diabetes


Asam jawa merupakan rempah yang sudah tidak asing lagi bagi para penderita diabetes. Dalam uji coba yang dilakukan terhadap hewan, ekstrak asam jawa yang sudah dicairkan dapat berperan sebagai antidiabetes yang cukup kuat. Masih dalam penelitian yang sama, pemberian ekstrak asam jawa ternyata mampu menurunkan risiko hiperglikemia karena memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi yaitu 28 gram. Meskipun memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, magnesium yang ada dalam buah asam memiliki peran penting bagi kesehatan organ tubuh manusia.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search