Tuesday, September 10, 2019

Ketahui Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Ketahui Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil


Semua orang pasti sudah mengenal buah alpukat. Buah Alpukat merupakah buah yang sering kita jumpai di pasar. Buah alpukat dikenal memiliki khasiat yang baik untuk kulit. Tetapi, ternyata buah alpukat juga memiliki manfaat untuk ibu hamil. Kehamilan adalah waktu yang penting bagi ibu untuk mengkonsumsi lebih banyak zat besi, kalsium, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, asam folat, magnesium, selenium, dan zinc. Semua zat gizi tersebut dapat anda peroleh didalam buah alpukat. Buah ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang disemua tahap kehidupan, termasuk pada saat kehamilan. Tidak ada senyawa dalam alpukat yang diketahui dapat menyebabkan kerugian dan juga tidak ada pantangan khusus untuk menghindari mengkonsumsi buah alpukat, kecuali jika anda memiliki alergi terhadap alpukat.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah alpukat untuk ibu hamil, yaitu :

1. Kaya akan asam folat

Alpukat merupakan buah yang unik diantara buah dan sayuran lainnya. Hal ini karena jika dibandingkan per berat buah, alpukat mengandung jumlah asam folat yang lebih tinggi daripada pisang. Asam folat sendiri merupakan nutrisi utama selama masa kehamilan yang berfungsi untuk memproduksi dan memelihara sel - sel baru. Memenuhi kebutuhan asam folat selama trimester pertama kehamilan sangat penting karena sistem saraf pusat bayi anda termasuk otak dan sumsum tulang belakang sedang terbentuk pada masa ini. Asupan asam folat juga dapat mencegah terjadinya cacat pada bayi. Asam folat juga dilaporkan mampu mencegah komplikasi ibu hamil seperti depresi, lesu, anemia, insomnia, perubahan suasana hati, dan preeclampsia.

2. Sumber lemak baik

Alpukat diperkaya dengan kalori dan lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh tunggal merupakan lemak baik yang dapat membantu anda dalam mencukupi kebutuhan kalori. Lemak baik ini juga membantu dalam mengembangkan struktur sel seperti membran pada bayi anda. Ketika bayi anda mulai tumbuh, jutaan sel - sel baru diciptakan yang terdiri dari membran yang terbuat dari lemak.

3. Kaya akan serat

Sembelit merupakan masalah kesehatan umum yang sering terjadi pada ibu hamil. Alpukat mengandung tinggi serat yang mudah larut, bahan makanan utama untuk bakteri baik yang ada didalam usus guna meningkatkan kelancaran pencernaan dan memelihara kesehatan metabolisme tubuh secara keseluruhan.

4. Membantu proses penyerapan nutrisi

Alpukat dapat menyediakan zat gizi harian yang baik bagi tubuh anda, seperti protein, vitamin K, asam folat, vitamin C, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin E. Buah ini juga mengandung berbagai zat gizi lain seperti magnesium, mangan, tembaga, besi, zinc, kalsium, fosfor, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3. Semua kombinasi nutrisi berkualitas ini sebenarnya juga dapat membantu tubuh anda untuk dapat lebih baik menyerap nutrisi dari sumber lainnya. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi buah alpukat dapat membantu meningkatkan penyerapan karotenoid oleh tubuh, yang ditemukan dalam wortel, ubi jalar, dan sayuran hijau.

5. Dapat meringankan kram kaki

Kram kaki merupakan salah satu jenis masalah yang sering dijumpai oleh ibu hamil. Kram kaki disebabkan oleh kekurangan kalium. Dengan mengkonsumsi alpukat, anda dapat meringankan rasa nyeri pada kaki anda karena alpukat mengandung kalium yang dapat meredakan nyeri akibat kram kaki.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search