Tuesday, September 10, 2019

Ceftazidime : Obat Untuk Mengatasi Berbagai Infeksi Akibat Bakteri

Ceftazidime : Obat Untuk Mengatasi Berbagai Infeksi Akibat Bakteri


Di dunia ini, banyak sekali hal yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Penyebab tersebut dapat datang dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh. Penyebab masalah kesehatan yang datang dari dalam tubuh bisa berasal dari genetik, kanker, tumor, dan sebagainya. Sedangkan penyebab masalah kesehatan yang berasal dari luar tubuh dapat datang dari makanan, minuman, polusi, bakteri, virus, jamur, dan lain sebagainya. Salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi adalah masalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Infeksi bakteri ini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan serius seperti gonore, meningitis, dan sebagainya.

Obat yang sering digunakan untuk mengatasi infeksi akibat bakteri salah satunya adalah ceftazidime. Ceftazidime merupakan obat antibiotic yang digunakan untuk mengobati berbagai macam infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti infeksi saluran pernapasan bawah, infeksi saluran kemih, meningitis, dan gonore. Obat ini termasuk dalam kelas antibiotic yang disebut chehalosporins yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri. Ceftazidime adalah obat yang tidak akan bekerja pada penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus seperti demam dan flu.

Perlu diketahui bahwa menggunakan obat-  obatan jenis antibiotic ketika tidak diperlukan dapat meningkatkan mengalami risiko infeksi yang kebal terhadap antibiotic. Ceftazidime merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab. Jangan membekukan obat ini dan jangan menyimpannya dalam kamar mandi. Perhatikan instruksi penyimpanan yang tertera pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker anda mengenai tata cara penyimpanan produk yang tepat.


Dosis ceftazidime untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk bakteremia :
  • 2 g infus tiap 8 jam selama 14 hari, tergantung dari tingkat infeksi.

Dosis dewasa untuk meningitis :
  • 2 g infus tiap 8 jam selama 14 hari, tergantung dari tingkat infeksi.

Dosis dewasa untuk sepsis :
  • 2 g infus tiap 8 jam selama 14 hari, tergantung dari tingkat keparahan infeksi.

Dosis dewasa untuk endokarditis :
  • 2 g infus tiap 8 jam. Pengobatan mungkin perlu dilakukan selama 6 minggu atau lebih, tergantung dari tingkat keparahan infeksi.

Dosis dewasa untuk endometritis :
  • 2 g infus tiap 8 jam. Terapi parenteral harus dilanjutkan hingga setidaknya 24 jam seelah pasien tetap dalam kondisi baik, tidak merasakan sakit, dan jumlah leukosit telah kembali normal.


Dosis ceftazidime untuk anak - anak

Untuk bakteremia pada anak - anak :
  • Untuk usia 0 hingga 4 minggu, berat badan saat lahir 1199 gram atau kurang, menggunakan dosis sebanyak 30 hingga 50 mg/kg infus tiap 12 jam.
  • Untuk usia 0 hingga 7 hari, berat badan saat lahir 1200 hingga 2000 gram, bisa menggunakan dosis sebanyak 30 hingga 50 mg/kg infus tiap 12 jam.
  • Untuk usia 0 hingga 7 hari, berat badan saat lahir 2001 gram atau lebih, dapat menggunakan dosis sebanyak 30 hingga 50 mg/kg infus tiap 8 sampai 12 jam.
  • Untuk usia 7 hari hingga 4 minggu, berat badan saat lahir 1200 gram bisa menggunakan dosis sebanyak 30 hingga 50 mg/kg infus tiap 8 hingga 12 jam.
  • Untuk usia 1 bulan hingga 12 tahun : 30 hingga 50 mg/kg infus tiap 8 jam. Dosis maksimal adalah 6 g/hari.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, ceftazidime juga memiliki efek samping jika digunakan untuk pengobatan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan ceftazidime, yaitu :
  • Mual, muntah, diare, dan sakit perut.
  • Sakit kepala.
  • Mati rasa atau kesemutan.
  • Gatal pada vagina, atau keluar cairan dari vagina.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search