Tuesday, September 10, 2019

Ketahui Tips Untuk Mengatasi Anak Yang Mengalami Fobia Sosial

Ketahui Tips Untuk Mengatasi Anak Yang Mengalami Fobia Sosial


Jika anak anda sering menyendiri baik disekolah, dirumah, atau dimanapun, anda patut waspada karena bisa jadi anak anda mengalami gangguan mental yang disebut fobia sosial. Tanpa anda sadari, mungkin saja anak anda takut untuk menjalani hubungan dengan dunia luar. Rasa ketakutan itu biasanya cenderung berlebihan, bahkan sampai membuat anak berkeringat bahkan pingsan jika dipaksa untuk ikut dalam keramaian. Anak yang mengalami fobia sosial biasanya muncul pada anak yang pernah mengalami kekerasan sebelumnya, sehingga ia masih merasakan trauma untuk berhubungan dengan orang banyak.

Perlu dipahami oleh orang tua, bahwa fobia sosial berbeda dengan pemalu. Sifat pemalu tidak dapat menyebabkan anak mengalami masalah ketika berinteraksi sosial. Anak - anak yang memiliki sifat pemalu, biasanya masih memiliki teman pada lingkungan sosial yang menyenangkan baginya. Biasanya, anak yang pemalu hanya perlu waktu lebih lama untuk beradaptasi, tetapi tetap dapat membangun interaksi sosial yang baik. Sedangkan pada anak yang mengalami fobia sosial, anak memiliki ketakutan dalam berinteraksi sosial atau menjadi pusat perhatian. Anak yang mengalami fobia sosial, memiliki ketakutan yang sangat berlebihan dalam menghadapi situasi - situasi sosial tertentu terutama ketika ia menjadi pusat perhatian.


Berikut ini merupakan beberapa tanda anak yang mengalami fobia sosial, diantaranya :
  • Menarik diri dari pergaulan.
  • Kesulitan menghadapi pertemuan dengan teman lain atau masuk kedalam kelompok.
  • Pada anak - anak, rasa cemas ini seringkali ditunjukkan dengan sikap tantrum atau mengamuk, menangis, membeku, atau tidak sanggup berbicara.
  • Memiliki jumlah teman yang sangat terbatas.
  • Menghindari situasi sosial, terutama yang menjadikan ia sebagai pusat perhatian seperti berbicara didepan kelas, menjawab telepon, atau menjawab pertanyaan didepan kelas.
  • Terkadang memiliki gejala fisik ketika dihadapkan pada situasi sosial seperti mual, nyeri perut, pipi memerah, menangis, keringat dingin, dan gemetar.

Anak - anak yang mengalami fobia sosial dapat menderita stress yang cukup berat dan seringkali berdampak negative pada nilai akademis, hubungan sosial, dan kepercayaan dirinya. Selain meminta bantuan psikolog untuk mengatasinya, anda juga perlu melakukan beberapa hal untuk membantu anak anda keluar dari masalah fobia sosial. 


Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat anda lakukan dalam menghadapi anak yang mengalami fobia sosial, yaitu :

1. Memberikan penjelasan kepada anak

Biasanya anak - anak mengetahui tentang situasi yang membuat dirinya merasa cemas dan sangat takut. Namun ia tidak paham mengapa ia bisa merasa cemas. Peran orang tua adalah harus memberitahukan kepada anak bahwa ia bisa menceritakan kecemasan tersebut kepada anda. Berikan pengertian juga bahwa merasa cemas itu wajar dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Lalu katakan bahwa rasa cemas itu dapat dihadapi perlahan.

2. Jangan menyebut anak sebagai pemalu atau penakut

Anak yang mengalami fobia sosial justru akan semakin merasa tertekan jika mendapatkan julukan yang negatif. Label negatif tersebut akan terus tertanam didalam fikirannya dan masuk kedalam alam bawah sadarnya sehingga dia tidak akan berusaha untuk menghilangkan ketakutannya. Anda dapat membangun kepercayaan dirinya dengan mengatakan bahwa ia adalah anak yang pemberani dan tidak takut dengan apapun.

3. Tanamkan pikiran positif


Anak dengan fobia sosial sering berfikir berlebihan dan berfikir bahwa ia akan ditertawakan, dicemooh, dan dihina oleh orang lain. Oleh karena itu, anda harus memberikan pikiran positif kepadanya.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search