Tuesday, September 10, 2019

Ketahui Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Ibu Hamil

Ketahui Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Ibu Hamil


Kehamilan merupakan masa yang paling penting bagi pertumbuhan janin. Jika selama masa kehamilan janin mendapatkan gizi yang cukup, maka bayi yang dilahirkan pun akan dalam kondisi sehat dan sempurna. Dan juga sebaliknya, jika selama masa kehamilan kebutuhan gizi janin tidak terlalu diperhatikan, maka bisa saja bayi akan terlahir dengan kondisi tidak sempurna atau cacat lahir, karena tidak tercukupinya nutrisi selama kehamilan. Anda mungkin sudah sedikit banyak mengenal beberapa jenis vitamin B kompleks seperti vitamin B1, vitamin B2, hingga vitamin B12. Gabungan dari berbagai jenis vitamin B tersebut disebut dengan vitamin B kompleks.

Berikut ini merupakan manfaat dari vitamin B kompleks berdasarkan jenis vitamin B-nya, yaitu :

Vitamin B1

Vitamin B1 memiliki nama lain tiamin. Vitamin ini merupakan salah satu jenis vitamin B yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Vitamin B1 berperan penting untuk mengoptimalkan perkembangan otak, sistem saraf, dan jantung bayi. Ibu hamil membutuhkan sekitar 1,4 miligram vitamin B1 setiap hari. Vitamin B1 dapat diperoleh dari kacang-  kacangan, oat, ikan salmon, kaldu jamur, pasta gandum, dan roti.

Vitamin B2

Asupan vitamin B2 yang cukup dapat membuat kulit anda tampak lebih cerah dan bersinar saat hamil. Vitamin ini juga dapat mengatasi tekanan darah tinggi yang terjadi saat hamil. Anda dapat menemukan kandungan vitamin B2 dalam sayuran hijau, kacang almond, ubu jalar, wortel, oat, tempe, keju, susu, dan telur.

Vitamin B3

Vitamin B3 memiliki nama lain niasin. Vitamin ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, khususnya bagi ibu hamil. Beberapa manfaat vitamin B3 diantaranya adalah mengatasi masalah pencernaan, mengurangi rasa mual, dan meredakan migraine yang sering terjadi pada ibu hamil. Selain itu, asupan vitamin B3 yang cukup juga dapat mengoptimalkan perkembangan janin dalam kandungan. Anda dapat menemukan kandungan vitamin B3 dalam biji chia, biji bunga matahari, dada ayam, kacang, tuna, alpukat, tomat, dan ubi jalar.

Vitamin B5

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh ibu hamil adalah kram kaki. Kram kaki merupakan salah satu efek kehamilan yang paling sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Anda dapat mencegah terjadinya kram kaki dengan rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B5. Anda dapat memperoleh vitamin B5 dari biji - bijian, kuning telur, beras merah, kacang mete, dan brokoli.

Vitamin B6

Vitamin B6 memiliki nama lain piridoksin. Vitamin ini sangat pentinguntuk meningkatkan perkembangan sistem saraf dan otak bayi di dalam kandungan. Hal ini karena vitamin B6 merangsan produksi hormon norepinefrin dan serotonin yang berfungsi membawa sinyal untuk memastikan proses metabolisme tubuh berjalan secara optimal. Anda dapat memperoleh vitamin B6 dari pisang, papaya, gandum, alpukat, nasi merah, dankacang - kacangan.

Vitamin B7

Vitamin B7 memiliki nama lain biotin. Vitamin B7 dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut, serta dapat mengoptimalkan pertumbuhan janin yang ada didalam kandungan. Anda dapat memperoleh vitamin B7 dari gandum, susu, jamur, kembang kol, dan berbagai sayuran hijau.

Vitamin B9

Vitamin B9 memiliki nama lain asam folat. Vitamin B6 memiliki manfaat yaitu dapat mengurangi risiko terjadinya preeclampsia. Selain itu, asam folat juga dapat menekan berbagai risiko cacat lahir seperti bibir sumbing, cacat jantung, hingga cacat tabung saraf. Anda dapat memperoleh vitamin B9 dari sayuran hijau, sereal, dan alpukat.

Vitamin B12


Vitamin B12 merupakan salah satu bagian dari vitamin B kompleks yang berfungsi untuk menjaga kesehatan saraf. Vitamin ini dapat anda peroleh dari kedelai, ikan, unggas, telur, susu, dan yoghurt.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search