Tuesday, September 10, 2019

Cafcit : Obat Untuk Perawatan Masalah Pernapasan Pada Bayi Prematur

Cafcit : Obat Untuk Perawatan Masalah Pernapasan Pada Bayi Prematur


Bayi prematur merupakan bayi yang lahir sebelum waktunya atau jauh lebih awal dari hari perkiraan lahir (HPL). Menurut World Health Organization (WHO), Usia kandungan normal sampai menuju kelahiran adalah 37 sampai 40 minggu. Kurang dari itu, kelahiran yang terjadi dapat dikatakan sebagai kelahiran prematur. Bayi yang lahir dengan kondisi prematur diketahui memiliki kondisi tubuh yang lemah, berat badan yang rendah, dan organ vitalnya tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga harus didukung dengan alat bantu. Hal ini dikarenakan organ tubuh bayi belum terbentuk secara sempurna, sehingga ketika menghadapi dunia diluar rahim, bayi tersebut masih belum siap untuk beradaptasi. Pada kasus yang lebih parah, tidak berfungsinya organ vital ini dapat mengakibatkan kematian. Harapan hidup bayi yang lahir kurang dari 23 minggu dalam kandungan juga cenderung tipis.

Salah satu masalah yang sering dialami oleh bayi prematur adalah masalah pernapasan atau apnea. Hal ini dikarenakan organ pernapasan bayi belum terbentuk secara sempurna, sehingga diperlukan peralatan dan obat - obatan khusus untuk menangani masalah ini. Cafcit merupakan obat yang digunakan untuk perawatan jangka pendek dari masalah pernapasan atau apnea yang terjadi pada bayi prematur (lahir saat usia kehamilan antara 28 hingga kurang dari 33 minggu). Jangan menggunakan obat ini lebih dari 12 hari tanpa arahan atau petunjuk dari dokter. Obat ini dapat digunakan melalui oral dan melalui injeksi atau jarum suntik. Cafcit merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis cafcit untuk orang dewasa
  • Obat ini hanya diperuntukkan untuk bayi prematur, sehingga tidak dapat digunakan oleh orang dewasa.

Dosis cafcit untuk anak - anak
  • Dosis awal : 20 mg/kg/dosis injeksi melalui pembuluh darah setiap 30 menit atau rute oral.
  • Dosis perawatan : 5 mg/kg/dosis setiap hari, injeksi melalui pembuluh darah, atau rute oral dimulai dari 24 jam sejak dosis awal.


Efek samping

Karena diperuntukan untuk bayi prematur, tentunya cafcit juga menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua bayi dapat merasakan efek samping dari pengobatan menggunakan cafcit. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan cafcit, yaitu :
  • Tanda dari gejala alergi seperti ruam, kesulitan bernapas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.
  • Sakit perut, kembung.
  • Sembelit atau diare.
  • Muntah berwarna kehijauan.
  • Terdapat darah pada tinja.
  • Lemas yang tidak biasa.
  • Kejang atau konvulsi.
  • Gerakan otot yang tidak bisa dikendalikan.
  • Demam.
  • Kehilangan nafsu makan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search