Tuesday, September 10, 2019

Mengenal Kondisi Kelahiran Prematur

Mengenal Kondisi Kelahiran Prematur


Setiap orang tua tentunya berharap bayinya lahir dalam keadaan normal, sehat, dan tidak kurang suatu apapun. Tetapi, terkadang harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Kelahiran prematur merupakan salah satu kondisi yang sudah umum ditemui, terutama pada orang tua yang sangat sibuk bekerja sehingga tidak terlalu mengurus kandungannya. Kelahiran prematur adalah kelahiran yang terjadi jauh dari hari perkiraan lahir. Kondisi ini juga sering disebut dengan persalinan dini. Kehamilan yang normal biasanya berlangsung selama 37 - 40 minggu. Namun, bayi dikatakan prematur jika lahir saat usia kehamilan kurang dari 37 minggu. Semakin kecil usia kehamilan saat anda melahirkan bayi, maka semakin banyak komplikasi kesehatan yang dapat terjadi pada bayi.


Berikut ini merupakan tahapan kelahiran prematur yang perlu anda ketahui, yaitu :
  • Prematur terlambat (late preterm). Dilahirkan diantara minggu 34 - 36.
  • Prematur sedang (moderate preterm). Dilahirkan diantara minggu ke 32 - 24.
  • Sangat prematur (very preterm). Dilahirkan kurang dari usia kehamilan 32 minggu.
  • Prematur ekstrim (extreme preterm). Dilahirkan saat atau sebelum minggu ke 25.

Kelahiran prematur termasuk salah satu komplikasi kehamilan yang umum terjadi. Banyak wanita yang melahirkan sebelum waktunya dan tidak memiliki faktor pemicu yang jelas. Komplikasi ini dapat terjadi pada siapa saja, tetapi ras kulit hitam memiliki peluang melahirkan kelahiran prematur lebih tinggi dibandingkan ras lainnya. 


Berikut ini merupakan beberapa tanda ibu melahirkan lebih dini, diantaranya :
  • Kontraksi yang terjadi setiap 10 menit atau lebih sering dan lebih dari 4 kali dalam satu jam.
  • Kram perut.
  • Keluar cairan dari vagina, dapat berupa darah maupun cairan ketuban.
  • Panggul terasa tertekan.
  • Punggung bawah sakit.

Penyebab kelahiran prematur sendiri ada beberapa macam. Tetapi pada kebanyakan kasus terjadi akibat persalinan  spontan. Namun ada juga yang disebabkan oleh alasan medis maupun non medis, yaitu :

1. Usia saat hamil

Wanita yang hamil dibawah usia 16 tahun dan yang hamil diatas usia 35 tahun memiliki risiko 2 - 4% lebih tinggi untuk melahirkan dini daripada yang hamil pada usia 20 - 30 tahun. Risiko ini dapat terjadi karena wanita yang hamil pada usia yang masih sangat muda maupun yang sangat tua memiliki risiko komplikasi yang juga lebih tinggi yang dapat menyebabkan bayi lahir prematur.

2. Infeksi saat hamil

Peradangan dalam tubuh yang disebabkan oleh infeksi juga dapat memicu bayi lahir sebelum waktunya. Beberapa jenis infeksi kehamilan yang dapat menyebabkan kelahiran dini diantaranya gonore, klamidia trachomatis, bacterial vaginosis, infeksi cairan ketuban, infeksi streptokokus B, dan infeksi rahim. Penelitian menunjukkan bahwa infeksi yang terjadi dalam rahim bertanggung jawab untuk sekitar 40% kelahiran prematur.

3. Kondisi medis yang dimiliki ibu

Komplikasi kehamilan seperti diabetes gestasional, preeclampsia, inkompetensi serviks, ukuran leher rahim terlalu pendek, serta gangguan plasenta seperti plasenta previa dan abruption plasenta dapat meningkatkan risiko anda melahirkan sebelum waktunya.

Jika anda berisiko tinggi, dokter mungkin akan merekomendasikan anda melahirkan lebih awal dengan dipicu induksi. Setelah itu, penanganan akan berfokus pada keselamatan ibu dan bayi. 


Penanganan yang akan diberikan dokter spesialis pada bayi yang lahir dini dapat berupa :
  • Menempatkan bayi dalam incubator agar tetap hangat.
  • Memantau tanda - tanda vital bayi.
  • Memasang selang makanan melalui infus vena atau melalui hidung ke lambung.
  • Memberikan cairan infus pada bayi.
  • Memberikan terapi sinar bila bayi anda mengalami penyakit kuning.
  • Memberikan tranfusi darah bila diperlukan.
  • Memberikan beberapa jenis obat - obatan untuk menunjang kesehatan bayi.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search