Tuesday, September 24, 2019

Ketahui Manfaat Kunyit Bagi Ibu Menyusui

Ketahui Manfaat Kunyit Bagi Ibu Menyusui


Kunyit atau kunir merupakan salah satu jenis tumbuhan umbi - umbian yang termasuk dalam kelompok rempah - rempah dan obat asli dari asia tenggara. Kunyit sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan seperti gulai, dan juga sering digunakan sebagai pewarna makanan, bahkan dapat digunakan pula sebagai pengawet makanan alami. Kunyit juga dapat diolah menjadi berbagai macam produk farmasi yang khasiatnya tidak kalah dari obat paten. Hal ini dikarenakan dalam kunyit terkandung beberapa zat aktif seperti yang terkandung didalam obat - obatan natrium deklofenak, piroksikam, dan fenil butason yang mampu mengobati penyakit peradangan sendi atau osteoarthritis.

Di Negara India, kunyit tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja, tetapi juga diyakini dapat melancarkan produksi ASI. Tidak hanya dapat memperlancar ASI saja, kunyit juga memiliki banyak manfaat lainnya.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan terutama kesehatan ibu menyusui, yaitu :

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menurut sebuah jurnal penelitian, kandungan kurkumin pada kunyit terbukti dapat mengurangi risiko terjadinya peradangan pada tubuh. Hal ini karena kurkumin yang terkandung didalam buah kunyit mengandung senyawa yang bersifat anti jamur, anti bakteri, dan anti virus. Ketiganya berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga menjauhkan ibu dari virus dan bakteri selama menyusui.

2. Mengurangi peradangan

Tidak hanya dapat meningkatkan sistem imun, kunyit ternyata juga memiliki manfaat yaitu dapat mengurangi terjadinya peradangan dan pembengkakan pada payudara. Pada beberapa kasus, seorang ibu dapat merasakan nyeri saat menyusui bayinya akibat kelenjar susu yang tersumbat dan menyebabkan payudara membengkak.

3. Menjaga berat badan tetap ideal

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh ibu menyusui adalah masalah kenaikan berat badan yang terjadi secara signifikan. Hal ini dikarenakan ibu menyusui harus mengkonsumsi banyak makanan untuk mencukupi kebutuhan ASI sang buah hati. Hal ini tentunya berimbas pada ikut naiknya berat badan. Supaya berat badan tetap stabil, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh ibu menyusui. Olahraga dan mengatur pola makan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga berat badan. Tetapi, ternyata kunyit juga diketahui dapat mengatasi masalah berat badan. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2013, penggunaan kunyit sebagai pengobatan alternatif terhadap obesitas ternyata terbukti cukup efektif. Hal ini dikarenakan kurkumin yang ada pada kunyit dapat menekan peradangan dan menghambat perunbahan sel lemak. Jika sel lemak diproduksi secara berlebihan, hal ini tentu dapat membuat lemak anda tertimbun dalam tubuh dan kondisi tersebut dapat berujung pada obesitas.

4. Mengatasi masalah pencernaan


Ibu menyusui juga sering mengalami masalah pecernaan. Hal ini disebabkan karena tubuh sedang berusaha untuk menyesuaikan perubahan dari masa kehamilan ke masa menyusui. Biasanya, masalah konstipasi atau perut kembung menjadi salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan. Anda tidak perlu khawatir, karena kunyit ternyata juga dapat mengatasi masalah pencernaan. Kandungan serat yang ada dalam kunyit dipercaya mampu mengurangi gas pada  perut anda yang menjadi penyebab dari perut kembung dan konstipasi. Oleh karena itu, anda dianjurkan supaya selalu menyediakan kunyit di rumah anda.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search