Tuesday, September 24, 2019

Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Mimisan Saat Hamil

Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Mimisan Saat Hamil


Mimisan merupakan kondisi keluarnya darah dari dalam hidung. Seringkali, kondisi mimisan membuat kita panik, terutama bagi orang yang memiliki fobia atau ketakutan terhadap darah. Sebenarnya, mimisan tidak terlalu membahayakan jika segera ditangani. Mimisan juga termasuk kondisi yang sering menyerang ibu hamil. Tetapi, ibu hamil tidak perlu khawatir jika mimisan masih dalam kategori ringan. Hal ini karena kondisi mimisan sangat umum terjadi pada wanita hamil dan merupakan sebuah kondisi yang normal. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi mimisan saat hamil.

Umumnya, mimisan pada ibu hamil terjadi saat usia kehamilan memasuki trimester kedua. Kondisi mimisan yang sering terjadi saat hamil disebabkan karena adanya perubahan hormon selama masa kehamilan.



Berikut ini merupakan beberapa penyebab mimisan saat hamil, yaitu :

1. Perubahan hormon

Mimisan paling sering terjadi karena adanya perubahan hormon yang terjadi didalam tubuh. Hal ini terjadi karena ketika memasuki masa kehamilan, hormon estrogen yang ada pada tubuh wanita akan mengalami peningkatan, sehingga pembuluh darah disekitar mukosa hidung rentan mengalami pendarahan.

2. Melebarnya pembuluh darah

Penyebab lainnya dari mimisan yang terjadi saat hamil adalah terjadinya pelebaran pada pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena suplai darah ibu hamil mengalami peningkatan untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi janin. Kondisi ini membuat pembuluh darah ibu hamil mengalami pelebaran, termasuk pembuluh darah hidung.

3. Membengkaknya saluran hidung dan saluran napas

Mimisan saat hamil juga dapat terjadi karena adanya peningkatan tekanan pada pembuluh darah halus di area hidung. Kondisi ini membuat saluran napas yang ada pada hidung menjadi membengkak, sehingga membuat pembuluh darah menjadi labil dan mudah pecah.

4. Suhu

Selain karena perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh, mimisan saat hamil juga dapat terjadi karena ibu hamil sering berada pada tempat yang bersuhu rendah. Kondisi ini dapat menyebabkan keadaan mukosa hidung menjadi lebih kering sehingga rentan untuk mengalami pendarahan.

5. Kurang asupan vitamin C

Apabila tubuh mengalami kekurangan vitamin C, maka daya tahan tubuhnya menjadi lemah dan rentan mengalami berbagai penyakit maupun peradangan. Kurangnya asupan vitamin C membuat tubuh menjadi rentan mengalami iritasi, termasuk bagian hidung.



Berikut ini merupakan beberapa cara untuk meredakan mimisan yang terjadi pada ibu hamil, yaitu :
  • Duduk tegak dengan kepala sedikit merunduk. Langkah ini bisa dilakukan utuk menurunkan tekanan darah yang terdapat pada rongga hidung dan mencegah terjadinya pendarahan lanjutan.
  • Hindari posisi menengadahkan kepala keatas, karena posisi ini dapat membuat darah menetes kebagian bawah tenggorokan.
  • Hindari menggoyangkan hidung atau mengupil karena dapat menyebabkan rusaknya jaringan.
  • Hindari lingkungan yang dapat menyebabkan iritasi seperti berada disekitar perokok atau menggunakan parfum secara berlebihan.
  • Jika anda mengalami kesulitan bernapas, cobalah hirup udara dengan lembut.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search